Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Selasa, 18 November 2014 - 10:01 WIB
Pertamina Pastikan Stok BBM Aman
Pertamina Pastikan Stok BBM Aman
A A A
BANDUNG - PT Pertamina (Persero) memastikan, stok bahan bakar minyak (BBM) aman, pasca pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi, dimulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, saat ini ketahanan stok BBM yang dikelola Pertamina mencapai sekitar 18 hari untuk premium dan sekitar 19 hari untuk solar.

"Pertamina telah menyiapkan ketersediaan BBM untuk mengakomodasi lonjakan konsumsi, setelah pemerintah resmi mengumumkan kebijakan penyesuaian harga BBM bersubsidi," kata dia dalam rilisnya, Selasa (18/11/2014).

Pasalnya, sejak sebulan terakhir sudah terjadi peningkatan konsumsi harian BBM bersubsidi. Misalnya, untuk jenis premium dari semula Rp81.500 kilo liter per hari, menjadi hampir 87 ribu kilo liter per hari atau naik sekitar 7%.

Sementara, jenis solar dari 44.500 kilo liter per hari, menjadi sekitar 47.000 kilo liter per hari atau naik sekitar 6%.

Tren kenaikan tersebut juga pernah terjadi pada saat menjelang pengumuman kebijakan penyesuaian harga BBM bersubsidi pada 2013.

Ali menuturkan, Pertamina telah melakukan berbagai antisipasi guna memastikan pasokan BBM bagi masyarakat tetap aman, di antaranya dengan membentuk Posko Satgas Kenaikan Harga BBM di Kantor Pusat dan seluruh Kantor Region Pertamina.

"Pertamina juga berkoordinasi dengan Kepolisian RI dan TNI untuk pengamanan SPBU dan objek vital lainnya," ucap dia.

Pihaknya memastikan, ketersediaan stok BBM khususnya premium dan solar cukup bagi masyarakat. Pertamina juga telah menginstruksikan seluruh SPBU beroperasi, setidaknya sampai berlakunya harga baru.

"Kami berharap, masyarakat tidak melakukan pembelian BBM bersubsidi secara berlebihan. Pertamina juga mewaspadai adanya gangguan dan hambatan pada jalur distribusi BBM bersubsidi yang dapat merugikan masyarakat," tandas Ali.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2147 seconds (0.1#10.140)