Genjot Investor Pasar Modal, Eastspring Beri Edukasi

Rabu, 26 November 2014 - 17:02 WIB
Genjot Investor Pasar Modal, Eastspring Beri Edukasi
Genjot Investor Pasar Modal, Eastspring Beri Edukasi
A A A
JAKARTA - PT Eastspring Investments Indonesia menyatakan saat ini jumlah investor pasar modal di Indonesia hanya sekitar 0,2% dari total penduduk yang berjumlah lebih dari 240 juta jiwa. Adapun usia rata-rata orang mulai berinvestasi adalah 28 tahun.

Penetrasi yang amat rendah ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan pelaku pasar termasuk Eastspring Investments Indonesia.

Untuk itu, pada kedua kalinya Eastspring Investments Indonesia kembali menggelar Eastspring Tour de Campus 2014 untuk memberi edukasi dunia investasi dan karir di industri pasar modal Indonesia.

Menyusul sukses Eastspring Tour De Campus 2013 di Universitas Andalas Padang dan Universitas Padjajaran Bandung tahun lalu, Eastspring Tour de Campus 2014 bertempat di Fakultas
Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Presiden Direktur Eastspring Investments Indonesia Riki Frindos mengatakan, acara ini merupakan bentuk nyata perseroan dalam mendukung salah satu misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk peningkatan literasi keuangan demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang memahami dan berorientasi pasar modal dan jasa keuangan non-bank dalam membuat keputusan investasi dan pembiayaan.

Edukasi investasi tersebut dalam bentuk seminar di beberapa universitas pilihan yang bertujuan memperkenalkan dasar-dasar investasi, diantaranya pengenalan terhadap industri investasi dan keuangan dan juga pemaparan peluang berkarir di pasar modal kepada mahasiswa dengan mendatangkan praktisi pasar modal dari Eastspring Investments Indonesia.

OJK juga turut memberikan pemaparan informasi proteksi bagi nasabah. Dari hasil survei yang dilakukan oleh Eastspring Investments pada Agustus 2014, rata-rata usia untuk memulai investasi di Indonesia adalah 28 tahun.

Eastspring melihat pentingnya memberikan bekal pengetahuan investasi kepada para mahasiswa sebagai calon investor masa depan.

"Kami juga berharap mahasiswa melihat peluang karir yang lebar di industri pasar modal karena masih dibutuhkan banyak tenaga-tenaga berkualitas untuk memajukan industri ini," kata Riki dalam rilisnya, Rabu (26/11/2014).

Sama halnya dengan jumah investor pasar modal, total dana kelolaan industri reksa dana Tanah Air dibandingkan dengan GDP juga hanya sekitar 2%. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan negara tetangga seperti Filipina yang mencapai 57% dan Thailand yang mencapai 22%.

Untuk tujuan edukasi nasabah, Eastspring secara rutin menerbitkan berbagai tulisan, diantaranya Spring Smart, publikasi bulanan yang berisi informasi edukasi investasi bagi masyarakat.

Ke depannya, Eastspring Investments akan terus berpartisipasi aktif dalam edukasi nasabah dan memajukan industri pasar modal Indonesia dengan terus menciptakan kemitraan yang baik
dengan para stakeholders di industri pasar modal dan keuangan Indonesia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6186 seconds (0.1#10.140)