Mandiri Kucurkan Kredit Rp415 Miliar ke Metland

Selasa, 02 Desember 2014 - 10:41 WIB
Mandiri Kucurkan Kredit Rp415 Miliar ke Metland
Mandiri Kucurkan Kredit Rp415 Miliar ke Metland
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memberikan fasilitas kredit kepada Metropolitan Land Group senilai Rp415 miliar. Fasilitas kredit ini akan digunakan untuk mendukung kebutuhan belanja modal Metland pada 2015 seperti untuk mendukung pembangunan Metropolitan Mall Cileungsi, Bogor.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok mengatakan, fasilitas kredit tersebut akan dialokasikan kepada PT Metropolitan Land Tbk (Metland) senilai Rp150 miliar berupa pinjaman transaksi khusus dan tambahan kredit modal kerja senilai Rp100 miliar.

"Dengan penambahan limit fasilitas kredit modal kerja tersebut, total kredit modal kerja yang disiapkan Bank Mandiri untuk Metland menjadi Rp300 miliar," kata Fransisca di Jakarta kemarin. Alokasi kredit juga diberikan kepada anak usaha Metland, PT Metropolitan Karyadeka Development (MKD), dalam bentuk pinjaman transaksi khusus senilai Rp140 miliar dan kredit modal kerja Rp25 miliar.

Menurutnya, pinjaman ini akan digunakan untuk mendukung pembangunan kawasan residensial Metland West City di Cipondoh, Tangerang. Dia memaparkan, fasilitas kredit tersebut salah satu realisasi komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan bisnis Metland. Selama ini Mandiri telah bekerja sama dengan Metland untuk mendukung proyek-proyek residensial maupun komersial.

Kami berharap dukungan kami dapat membantu Metland dalam meningkatkan kapasitas bisnisnya sehinggaproyek-proyekproperti yang dikembangkan perseroan dapat memberikan nilai tambah yang lebih baik bagi perekonomian nasional, papar Fransisca. Sektor properti, lanjut dia, salah satu sektor yang memiliki potensi tumbuh yang sangat baik pada masa datang seiring kebutuhan properti yang terus meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hingga September 2014 kredit yang disalurkan Bank Mandiri ke sektor properti dan konstruksi telah mencapai Rp16,34 triliun atau meningkat 38,23% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Khusus untuk sektor properti, ungkap Fransisca, kucuran kredit Bank Mandiri telah mencapai Rp8,23 triliun, naik 31,13% dari periode yang sama tahun lalu.

Dia menjelaskan, selain memberikan fasilitas kredit, Bank Mandiri juga menandatangani kerja sama KPR dengan Metland dan MKD untuk mendukung proyek residensial Metland West City. Direktur Utama Metland Group Nanda Widya menambahkan, pemancangan tiang pertama Metropolitan Mall Cileungsi telah dilakukan pada Agustus 2014.

Pusat perbelanjaan ini berada di kawasan residensial Metland Transyogi yang seremoni. Beberapa proyek masih dalam penyelesaian di antaranya M-Gold Tower, gedung apartemen, perkantoran strata di Bekasi, serta penambahan sebanyak 102 kamar serta fasilitas di Hotel Horison Bekasi.

Secara bertahap unit M Gold Tower telah diserahterimakan kepada pembeli. Fasilitas restoran di Hotel Horison Bekasi diberi nama MetSky Dine & Lounge sudah dibuka untuk umum dan menjadi wajah baru Kota Bekasi, kata Nanda. Rencana proyek baru Metland yang telah masuk dalam agenda adalah pengembangan Metland West City, pembangunan properti di Lampung, serta apartemen strata Transyogi.

Metland West City akan dikembangkan sebagai satu kawasan terpadu dengan konsep mixed use yang di dalamnya akan dibangun residensial, perkantoran, apartemen, dan pusat perbelanjaan. Pengembangan Metland West City dimulai dengan pembangunan kluster residensial pertama dengan total 70 rumah. Pemasaran unit akan dimulai pada semester I/2015 setelah penyelesaian pekerjaan persimpangan (interchange) yang menghubungkan jalan tol Jakarta-Tangerang dengan lokasi proyek.

Kunthi fahmar sandy
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5727 seconds (0.1#10.140)