Wilayah Perbatasan Siap Dialiri Listrik Tahun Depan

Kamis, 04 Desember 2014 - 11:06 WIB
Wilayah Perbatasan Siap Dialiri Listrik Tahun Depan
Wilayah Perbatasan Siap Dialiri Listrik Tahun Depan
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, tahun depan wilayah perbatasan dan laut serta pulau terluar Indonesia akan dialiri listrik.

Menurutnya, dengan mengerahkan kerja sama antara pemerintah dengan swasta, pihaknya berjanji akan mengundang wartawan pekan depan untuk diperlihatkan teknologi yang akan ditampilkan untuk pembangkit listrik.

"Nanti saya undang kalian semua Selasa depan di kantor saya, kita undang semua perusahaan. Pembangkit listrik komponen seperti Boma Bisma Indera, Pindad, Barata, Texmaco untuk tampilkan teknologi mereka," ujarnya di Jakarta, Rabu (3/12/2014) malam.

Karena, kata dia, nanti setelah program 35.000 MW tentunya akan memaksimalkan local content-nya supaya meningkat, sehingga membuka lapangan kerja di sini.

Sementara, di tempat yang sama, Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan, salah satu permasalahan untuk listrik tak bisa masuk ke perbatasan lantaran terbentur tidak adanya jalan di wilayah perbatasan.

"Pertama karena tidak ada jalan, pokoknya kita bersama nanti Kementerian PU dengan PLN. PU bangun jalannya, PLN bangun tiang-tiangnya, PLN tidak akan bangun listrik kalau jalannya tidak ada. Tidak mungkin kita menanam tower di tengah hutan, atau ladang penduduk kan tidak boleh. Harus di pinggir jalan," ujarnya di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (3/12/2014) malam.

Nur mengatakan, di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), PLN akan meminta pembangunan jalan di daerah perbatasan.

"Tidak harus aspal mulus, tapi jalan tanah batu diperkeras lebarnya dua mobil, kemudian di sampingnya akan kita tanam tiang listrik," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6905 seconds (0.1#10.140)