Menteri Susi Jadi Operator Telepon Antar Eselon

Kamis, 04 Desember 2014 - 12:49 WIB
Menteri Susi Jadi Operator Telepon Antar Eselon
Menteri Susi Jadi Operator Telepon Antar Eselon
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku beberapa pekan ini merangkap jabatan menjadi operator telepon antar eselon dan antar departemen.

Hal ini lantaran struktur hirarki dan birokrasi antar pejabat pemerintahan yang masih kaku.

"Saya jadi operator telepon untuk menghubungkan eselon I dan II, departemen satu dan yang lain. Struktur antara atasan dan bawahan yang kaku bisa memacetkan kecepatan outflow dari pelayanan publik," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (4/12/2014).

Susi mengaku heran melihat tingkah pejabat eselon yang mengkotak-kotakkan komunikasi hanya antar pejabat setingkatnya. Dia mencontohkan, pejabat eselon II hanya bisa berkomunikasi dengan sesama pejabat eselon II.

"Kelihatannya di sini tidak biasa, eselon II cuma bisa kontak eselon II. Sayang kan kita punya waktu 24 jam, tapi feodalisme tadi saya faced for hours untuk telepon antar departemen. Saya pikir sayang pemerintah meng-hire saya hanya untuk lakukan itu," tuturnya.

Sebab itu, Susi menegaskan hal seperti ini harus diubah di semua sektor birokrasi. Jika tidak, dia meyakinkan bahwa pelayanan publik Indonesia akan berjalan lambat.

"Seperti sekarang ini global market mendesak kita untuk open our world. Kita tidak bisa protect semua lini. Kalau pengusaha Indonesia sudah harus habis energi ngurusin paper dan hambatan birokrasi, nanti masuk ke atas ring sudah kehabisan energi. Ditonjok sama negara lain, habislah kita," tukasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8549 seconds (0.1#10.140)