Tim Reformasi Migas Tak Mengurusi Pertamina-Sonangol

Kamis, 04 Desember 2014 - 15:10 WIB
Tim Reformasi Migas Tak Mengurusi Pertamina-Sonangol
Tim Reformasi Migas Tak Mengurusi Pertamina-Sonangol
A A A
JAKARTA - Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri mengatakan, tim ini tidak mengurusi persoalan atau kerja sama antara Pertamina dan Sonangol.

"Saya enggak tahu. Itu bukan urusan kami. Kita cuma bertugas memberikan rekomendasi tentang bagaimana menghasilkan tata kelola migas yang memberikan sebesar-sebesarnya keuntungan rakyat dan memberikan rekomendasi bagaimana mengusir pemburu-pemburu rente," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/12/2014).

Tim Reformasi ini ingin melihat cash by cash, termasuk alasan produksi minyak yang terus menurun. Sehingga, impor melambung luar biasa.

"Kemudian mengapa tidak ada transparansi di sektor hilir. Kenapa ada stuck di midstream seperti persoalan pipa, bagaimana menyambungkan dari pusat. Kita sudah melihat cash by cash dan Kita tidak mencari atau menangkap pelaku, enggak. Tugas kami memberi rekomendari agar aturan mainnya jelas," terang dia.

Faisal mengibaratkan, mafia migas ibarat ikan yang berenang di akuarium gelap. Dan akuarium tersebut lampunya harus dinyalakan agar kabur semua.

"Jadi kita bisa lihat, di situ ikannya apa? Apakah mas koki saja, atau malah ikan hiu. Itu gunanya. Supaya kita bisa melihat ikan-ikan yang ada di akuarium itu," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7344 seconds (0.1#10.140)