Pertamina Gelar Festival Sobat Bumi 2014

Minggu, 07 Desember 2014 - 15:51 WIB
Pertamina Gelar Festival Sobat Bumi 2014
Pertamina Gelar Festival Sobat Bumi 2014
A A A
JAKARTA - Pertamina Foundation gelar Festival Sobat Bumi 2014 di Parkir Selatan Senayan Jakarta. Ini merupakan kegiatan tahunan yang dijadikan ajang berkumpulnya pihak-pihak yang ingin menunjukkan gerakan atau aksi positif dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Festival Sobat Bumi akan dilaksanakan di Jakarta, 7 Desember 2014 dalam rangkaian menyambut HUT ke-57 Pertamina. Kegiatan ini merupakan showcase Green Action Pertamina, yang dimotori oleh CSR, PKBL, dan Pertamina Foundation.

Kegiatan ini sebagai bagian dari kegiatan Pertamina dalam mendidik para Sobat Bumi untuk menjaga lingkungan dan kearifan lokal, dan sebagai sebuah gagasan yang dibangun dari kesadaran tentang betapa pentingnya langkah yang dilakukan Pertamina untuk mendukung aksi hijau di Indonesia.

Festival Sobat Bumi merupakan bagian dari siklus kegiatan Sobat Bumi yang melibatkan institusi sekolah, komunitas, korporasi dan masyarakat. Festival Sobat Bumi ini berbasis kepada komunitas, yang bertujuan untuk memunculkan gerakan Sobat Bumi.

Sesuai temanya, Bergerak Bersama untuk Indonesia Hijau, komunitas diharapkan mampu menggerakkan, minimal orang yang tergabung di dalam komunitas untuk menjadi bagian dari Sobat Bumi.

Ada tiga tujuan utama dari festival Sobat Bumi 2014. Menginformasikan pencapaian Pertamina melalui CSR, PKBL, dan Pertamina Fundation, dalam membina para Sobat Bumi melalui kegiatannya Green Action Pertamina. Pencapaian itu akan disampaikan kepada seluruh masyarakat yang sudah memiliki green life style.

Di samping itu, kegiatan ini juga menjadi media untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memiliki green life style, serta untuk memamerkan kegiatan berbasis lingkungan yang dilakukan oleh CSR, PKBL, Pertamina Foundation serta komunitas.

Ada beberapa kegiatan utama dari Festival Sobat Bumi 2014. Workshop, pameran, eksibisi, performance, seremoni serta Soft Launching Buku Dapur Sobat Bumi dan Deklarasi Sobat Bumi oleh Komunitas di puncak acara.

Selain itu juga dilakukan nota kesepahaman atau kerja sama dengan pimpinan perguruan tinggi (rektor), walikota dan bupati seluruh Indonesia.

Workshop yang dilakukan terkait dengan Bank Sampah oleh Komunitas Sampah bekerja sama dengan Gerakan Menabung Pohon Pertamina Foundation. Kemudian, sharing session Sekolah Sobat Bumi dengan peserta para walikota, mitra, dan kepala sekolah/penanggung jawab Sekolah Sobat Bumi.

Sedangkan pada kegiatan eksibisi, akan ada tiga pameran. Green exhibition adalah pameran yang diisi oleh CSR, PKBL, Pertamina Foundation, dan komunitas-komunitas.

Sedangkan dua lagi adalah pameran yang dibuat oleh Pertamina dengan memamerkan produk unggulannya serta pameran yang diisi oleh para sponsor.

Kegiatan selanjutnya adalah performance, baik itu diisi oleh kampus-kampus, sekolah binaan, ataupun tari-tarian khas daerah seperti Tari Saman, Tari Bali, yang dipersembahkan oleh siswa dan mahasiswa yang memperoleh Beasiswa Sobat Bumi. Akan ada juga penampilan musik dari band serta penampilan Dj.

Selain itu, pada acara seremoni akan diisi pengumuman lomba-lomba, serta penandatanganan MoU Sekolah Sobat Bumi dari para walikota dan Perguruan Tinggi Negeri yang bekerja sama dengan Pertamina Foundation untuk program Beasiswa Sobat Bumi.

Sebelum gebyar puncak ini digelar, Pertamina Foundation telah dua kali melakukan sosialisasi Festival Sobat Bumi dalam kegiatan Car Free Day pada tanggal 23 November dan 30 November 2014. Sosialisasi dan Publikasi Main Event—program utama Festival Sobat Bumi pertama dilakukan di Jalan Imam Bonjol, dan yang kedua di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3535 seconds (0.1#10.140)