BRI Sosialisasikan Transaksi Nontunai

Senin, 15 Desember 2014 - 10:43 WIB
BRI Sosialisasikan Transaksi Nontunai
BRI Sosialisasikan Transaksi Nontunai
A A A
YOGYAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Tbk menyosialisasikan transaksi nontunai (cashless) di wilayah kampus.

Hal ini dalam mendukung Gerakan Nasional Transaksi Nontunai. Transaksi nontunai tersebut menggunakan kartu prabayar Brizzi BRI. Kartu ini memang mempunyai banyak keistimewaan tersendiri dibanding kartu elektronik lainnya, yaitu dapat digunakan siapa pun dan tidak harus menjadi nasabah BRI.

Pimpinan Cabang BRI Jogja- Mlati, Sri Harjunanto mengatakan perseroan memang tengah gencar menyosialisasikan transaksi cashless di berbagai kegiatan ekonomi masyarakat. Selain di tempat perbelanjaan modern, sistem pembayaran nontunai BRI pun telah merambah wilayah kampus, tepatnya di area kantin.

Menurut dia, saat ini yang menjadi proyek percontohan (pilot project) adalah di kantin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Jika dinilai sukses, penggunaan kartu prabayar Brizzi juga akan diterapkan di sejumlah wilayah kampus lainnya. “Awalnya ada yang protes, lama-lama karena kebiasaan mereka menjadi enjoy. Dengan menggunakan kartu Brizzi, mahasiswa juga diberikan diskon 10% setiap transaksi,” kata Sri di Kampus UMY Yogyakarta akhir pekan lalu.

Selain digunakan untuk berbelanja di wilayah kantin, menurut Sri, mahasiswa UMY juga bisa memanfaatkan kartu tersebut untuk pembayaran SPP. Ke depannya, kartu Brizzi juga akan diperkenalkan di kampus-kampus lain di Yogyakarta, antara lain yang sudah siap yaitu di STIKES Aisyah dan STIKES A Yani.

“Gerakan Nasional Transaksi Nontunai harus di mulai sejak dini, untuk itu BRI akan terus menyosialisasikan transaksi cashless mulai dari bangku pendidikan perguruan tinggi,” imbuhnya. Supervisor UMY Boga Rifqi Suprapto mengatakan sekitar 80% mahasiswa UMY telah bertransaksi secara nontunai di kantin UMY.

Tidak hanya digunakan oleh mahasiswa, pengajar dan staf di UMY jika ingin melakukan transaksi di kantin maka harus menggunakan kartu prabayar Brizzi. “Sampai dengan November 2014 dan sejak diberlakukan mulai Oktober 2013 sudah terjual 17.598 Kartu Brizzi di UMY,” jelasnya.

Kartu Brizzi BRI ini dapat dimiliki para mahasiswa dengan harga Rp10.000. Setiap harinya di wilayah kampus tersebut terdapat transaksi sebesar 70 hingga 100 kartu. Untuk top up (isi ulang) bisa dilakukan mulai Rp20.000 hingga maksimal Rp4 juta.

“Sudah ada sekitar 4.300 transaksi sejak diperkenalkan kartu Brizzi di UMY dengan nilai transaksi mencapai Rp33 juta,” paparnya.

Heru febrianto
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5737 seconds (0.1#10.140)