Jokowi Tinjau Pembangunan Jembatan di Jayapura

Minggu, 28 Desember 2014 - 13:05 WIB
Jokowi Tinjau Pembangunan Jembatan di Jayapura
Jokowi Tinjau Pembangunan Jembatan di Jayapura
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pembangunan jembatan Holtekamp di Jayapura pada kunjungan hari kedua di Pulau Papua, Minggu (28/12/2014).

Pembangunan jembatan yang akan menghubungkan Jayapura dengan Koya ini membutuhkan biaya sebesar Rp1,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) I dan II.

Dana APBN untuk pembangunan jembatan yang diperkirakan membutuhan waktu pembangunan selama tiga tahun tersebut mencapai Rp800 miliar. Adapun pembangunan tahap pertama jembatan telah selesai, dan akan dilanjutkan kembali pada tahun depan.

Jembatan sepanjang 733 meter dan lebar 21 meter ini bakal menghubungkan pulau Toubati Enggros dengan kawasan Holtekamp‎ di Jayapura, Papua.

Presiden Jokowi yang didampingi Ibuu Negara Iriana melihat langsung pembangunan jembatan dari salah satu puncak skyland. Presiden ingin kehadiran jembatan ini tidak mempermudah distribusi logistik, tapi juga juga memberikan kemudahan penduduk bergerak dari Koya ke kota Jayapura karena akan mempersingkat jarak tempuh 18 kilometer (km).

Selain itu, Jokowi juga berharap jembatan ini bisa semakin mempercantik wajah Papua. “Saya kira bukan hanya distribusi logistik, tapi mempercantik kota,” ujarnya seperti dilansir dalam laman resmi Sekretaris Kabinet (Setkab), Minggu (28/12/2014).

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut, antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Sementara pada kunjungannnya hari pertama kemarin (Sabtu, 27/12/2014), Jokowi telah meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Pharaa dan Pasar Mama-Mama di Sentani, Jayapura.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6770 seconds (0.1#10.140)