OJK Dorong Pemulihan Pasar Klewer

Rabu, 31 Desember 2014 - 10:02 WIB
OJK Dorong Pemulihan Pasar Klewer
OJK Dorong Pemulihan Pasar Klewer
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong industri keuangan untuk membantu meringankan kerugian para korban kebakaran di Pasar Klewer, Solo.

Adapun bentuk bantuan tersebut untuk industri perbankan dalam pelaksanaannya diserahkan kepada masing- masing bank dengan nasabah yang tingkat kerugiannya berbeda-beda. Dan, juga konsorsium perusahaan asuransi umum untuk mempermudah klaim asuransi khusus terhadap para pedagang di Pasar Klewer, Solo setelah kebakaran yang melanda pasar tersebut akhir pekan lalu.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto memperkirakan musibah kebakaran yang terjadi di Pasar Klewer tersebut berdampak cukup signifikan bagi perekonomian di daerah Solo, mengingat ribuan pedagang dengan omzet puluhan miliaran rupiah per hari terpaksa menutup tokonya. “Terkait dengan hal tersebut, OJK melihat perlunya upayaupaya agar kondisi perekonomian pasca kebakaran secepatnya dapat pulih kembali,” ujar Rahmat dalam siaran pers kemarin.

Berkenaan dengan musibah kebakaran dimaksud, OJK mendukung upaya Pemerintah Kota Solo untuk segera membangun pasar darurat sehingga para pedagang dapat beroperasi kembali. Untuk itu, industri perbankan akan membantu dari aspek permodalan usaha pedagang untuk dapat berjalan kembali dan diharapkan kepada seluruh pedagang untuk berhubungan langsung dengan bank yang menjadi krediturnya.

Selanjutnya, OJK mendorong konsorsium perusahaan asuransi umum membantu musibah dimaksud dengan mempermudah klaim asuransi khusus kebakaran. Proses klaim asuransi diharapkan tidak memakan waktu lama, tetapi tetap mengikuti prosedur yang ada.

Adanya dukungan dari lembaga jasa keuangan tersebut dapat mempercepat proses pemulihan Pasar Klewer sekaligus perekonomian di Solo, Jawa Tengah dapat berjalan normal kembali. Rahmat menjelaskan, OJK akan mengawal dan mengawasi proses lembaga jasa keuangan dalam melakukan tugasnya, baik dalam penyelesaian antara bank dan pedagang tersebut maupun klaim asuransi agar proses tersebut berjalan dengan lancar dan tetap memperhatikan governance yang ada.

Dalam kesempatan yang sama, Rahmat Waluyanto yang mewakili OJK juga telah memberikan bantuan kepada korban bencana Pasar Klewer.

Hafid fuad
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5045 seconds (0.1#10.140)