Pembubaran Petral Dinilai Hanya Omong Kosong

Kamis, 01 Januari 2015 - 17:20 WIB
Pembubaran Petral Dinilai Hanya Omong Kosong
Pembubaran Petral Dinilai Hanya Omong Kosong
A A A
JAKARTA - Pengamat energi Marwan Batubara mengatakan, rekomendasi pembubaran anak perusahaan Pertamina, PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) hanya omong kosong.

Menurutnya, hal tersebut karena pada akhirnya Petral tidak jadi dibubarkan oleh pemerintah melainkan hanya memangkas kewenangan tendernya yang kini dialihkan ke Integrated Supply Chain (ISC) milik Pertamina.

"Ya memang waktu bikin pernyataan sebelumnya itu hanya asal bunyi saja tidak tahu masalah. Dulu mereka mau membubarkan, Jokowi serang Petral juga, JK (Jusuf Kalla) juga, tim energi Jokowi juga sama," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Kamis (1/1/2015).

Marwan mengatakan, seharusnya pihak yang merekomendasikan tidak terlalu cepat mengambil keputusan. Kemudian keluarkan pernyataan mau bubarkan Petral.

"Ternyata kalau tidak jadi bubar berarti rekomendasi dia salah besar. Itu artinya dia asal bunyi, kalau ada yang nilai tong kosong nyaring bunyinya itu sah-sah saja," tegas Marwan.

Menurutnya, pihak tersebut tidak memahami permasalahan yang sebenarnya.

"Artinya mereka itu asal bunyi saja tanpa secara komperwhensif memahami masalahnya. Kalau memang enggak jadi dibubarkan, memang Petral itu dibutuhkan. Bukan berarti kita dukung di dalam Petral ada mafia. Kalau sudah diperbaiki orangnya yang amanah, independen, profesional, intinya sistemnya diperbaiki," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6630 seconds (0.1#10.140)