Pemerintah Alokasikan Dana Suntik BUMN Bangkrut

Jum'at, 02 Januari 2015 - 12:08 WIB
Pemerintah Alokasikan...
Pemerintah Alokasikan Dana Suntik BUMN Bangkrut
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian akan mengalokasikan dana untuk menyuntik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang merugi alias bangkrut.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menyokong dana untuk perusahaan pelat merah, dari hasil pengalihan subsidi yang mencapai Rp240 triliun.
"Sudah dialokasikan sejumlah angkanya. Tapi, tentu ini masih dalam exercise akhir dalam rangka penyusunan akhir APBNP 2015," ujar Menko Perekonomian Sofyan Djalil di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (2/1/2015).

Sayang, mantan Menteri BUMN ini belum dapat menyebutkan realisasi dana tersebut. Alasannya harus dikaji lebih lanjut, sebab ada kombinasi antara pemangkasan dividen dan penambahan dana untuk BUMN.

Sebelumnya, pemerintah merencanakan akan menyuntikkan dana di atas Rp30 triliun untuk perusahaan milik negara yang merugi.

"Yang direncanakan kan Rp30 triliun, tapi tentu realisasinya akan kita hitung lagi dengan ruang fiskal yang ada. Ini karena kombinasi enggak bisa dua-dua. Misalnya, dividen BUMN yang dialokasikan BUMN sekitar Rp42 triliun, yang diharapkan pada saat yang sama juga akan kita tambahkan sedikit," tandas Sofyan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7572 seconds (0.1#10.140)