Kadin: Pembangunan Indonesia Timur Harus Terintegrasi

Kamis, 08 Januari 2015 - 11:50 WIB
Kadin: Pembangunan Indonesia Timur Harus Terintegrasi
Kadin: Pembangunan Indonesia Timur Harus Terintegrasi
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan, membangun ekonomi di kawasan Indonesia Timur harus terintegrasi antara infrastruktur, ekonomi, dan masyarakat.

Wakil Ketua Umum Pokja Percepatan Pembangunan Indonesia Timur Kadin Ferrianto Djais mengatakan, membangun ekonomi kawasan Indonesia Timur berbeda dengan pembangunan di Jawa atau Sumatera.

"Yang menarik bagaimana infrastruktur dibangun. Ternyata di Indonesia Timur, kita bangun infrastruktur, tapi kok ekonomi tidak dibangun. Membangun infrastruktur di Indonesia Timur harus diintegrasikan karena beda dengan bangun di Jawa dan Sumatera," ujarnya di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Dia menuturkan, membangun infrastruktur di Jawa dan Sumatera akan berdampak pada industri yang berada di daerah tersebut. Sementara di Indonesia Timur minim industri, sehingga pembangunan infrastruktur tak berdampak apapun.

"Contoh menarik di Sorong. Kalau dilihat, infrastruktur di sana sudah hebat sekali. Akibatnya, kontainer masuk ke Sorong, tapi ternyata balik hanya kontainer kosong. Itu terjadi karena pertanian tidak mem-back up, akhirnya transportation cost mahal. Antara infrastruktur dan ekonomi harus digabungkan," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3354 seconds (0.1#10.140)