Bank Mandiri Tak Gegabah Sasar Pasar Global

Sabtu, 10 Januari 2015 - 10:51 WIB
Bank Mandiri Tak Gegabah Sasar Pasar Global
Bank Mandiri Tak Gegabah Sasar Pasar Global
A A A
JAKARTA - Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi mengatakan Bank Mandiri tidak akan gegabah dan selektif menyasar pasar global, terutama dalam pembiayaan modal nasabah.

"‎Kita harus‎ pelajari potensi market di sana. Investasi juga kan harus jelas hitung-hitungnya. Jadi kita tidak mau gegabah, termasuk juga dalam pembiayaan modal nasabah kita di sana‎," kata Riswinandi di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (9/1/2015) sore.

Menurutnya, ekpansi Bank Mandiri ke luar negeri harus melihat pengalaman ekpansi bank Malaysia di Indonesia yang umumnya melakukan akuisisi bank-bank lokal.

"Jadi belajar dari pengalaman. Kalau kita lihat bank-bank Malaysia di Indonesia, umumnya mereka (Malaysia-Singapura) membeli atau mengakuisisi bank-bank lokal, baru suntik modal dan kembangkan teknologi,"imbuhnya.

Selain itu, penyesuaian aturan perbankan juga harus dilakukan‎. Misal di Indonesia, pengguna kredit yang diatur jelas oleh hukum Indonesia, sementara di luar negeri berbeda.

"‎Jadi, kita tetap follow trade, follow people, sehingga kita mudah melakukan evaluasi," imbuh Riswinandi.

Karena itu, dia menilai banyak faktor yang harus diperhatikan jika Indonesia ingin melakukan ekspansi pasar ke luar negeri. Menurut dia, yang paling ideal adalah dengan membuka cabang di luar negeri untuk mendukung nasabah Indonesia.

"Itu lebih ideal dari pada mereka menggunakan bank sana, maka kehadiran kita di sana akan membantu mereka, seperti pelaksanaan bisnis, beli barang dan LC (letter of credit)," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6144 seconds (0.1#10.140)