Jalur KA Pelabuhan Tanjung Emas Mulai Disiapkan

Selasa, 20 Januari 2015 - 06:13 WIB
Jalur KA Pelabuhan Tanjung Emas Mulai Disiapkan
Jalur KA Pelabuhan Tanjung Emas Mulai Disiapkan
A A A
SEMARANG - Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mulai mempersiapkan lahan reaktivasi jalur kereta api (KA) menuju pelabuhan Tanjung Emas.

Pengurukan dilakukan di atas lahan yang sebelumnya sebagai jalur rel KA, sepanjang 300 meter dengan lebar 30 meter.

Tanah yang digunakan untuk pengurukan merupakan sisa dari hasil pemadatan lapangan penumpukan 5 TPKS yang saat ini juga sedang dalam proses pembangunan, sehingga tidak perlu mendatangkan tanah dari luar.

General Manajer TPKS, Iwan Sabatini mengatakan, pengurukan dilakukan karena saat ini lahan tersebut kondisinya lebih rendah dan tergenang rob.

"Lokasi sebelumnya memang digunakan untuk jalur KA. Karena sejak 2002 tidak digunakan kondisinya sekarang terendam air sehingga perlu diuruk,” ujarnya, Senin (19/1/2015).

Dia menuturkan, setelah pengurukan selesai akan dilanjutkan oleh PT KAI untuk pemasangan rel. “Pengurukan mungkin butuh waktu sekitar sebulan, setelah itu dilakukan pemasangan rel,” ucap Iwan.

Iwan mengatakan, TPKS sangat mendukung adanya reaktivasi jalur KA dari stasiun Tawang menuju Pelabuhan Tanjung Emas. Hal itu akan mampu mempercepat proses pengiriman maupun pengambilan barang di TPKS.

Sementara itu, Humas Daop 4 Semarang Suprapto mengatakan, saat ini pengurukan yang dilakukan TPKS adalah untuk membangun tempat penyimpanan petikemas.

Suprapto menjelaskan, menurut rencana reaktivasi rel KA menuju pelabuhan Tanjung Emas, akan dilakukan pada 2015.

Saat ini, lanjut dia, Dirjen perkeretaapian masih menggodok rencana menentukan apakah jalur yang digunakan nantinya tetap menggunakan jalur lama atau menggunakan jalur layang.

“Kondisi jalur KA yang lama kondisinya sudah banyak yang terendam rob, sehingga masih belum ditentukan bagaimana nantinya. Apakah tetap menggunakan jalur yang ada atau menggunakan jalur layang,” tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6629 seconds (0.1#10.140)