Jepang Pertimbangkan Garap Luar Jawa

Selasa, 20 Januari 2015 - 12:50 WIB
Jepang Pertimbangkan Garap Luar Jawa
Jepang Pertimbangkan Garap Luar Jawa
A A A
JAKARTA - Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroshi Watanabe mengatakan, Jepang akan mempertimbangkan untuk membangun beberapa proyek di luar Pulau Jawa.

Selama ini, perusahaan Jepang banyak bekerja sama dalam pembangunan yang berpusat di pulau Jawa. Ini juga didukung oleh permintaan perusahaan Jepang itu sendiri untuk melakukan proyek di Jawa.

Namun, pertimbangan Jepang membangun di luar Jawa, jika jika pemerintah Indonesia mempunyai kebijakan baru dan fokus baru untuk pembangunan di luar Jawa.

"Sudah ada dari pemerintah Indonesia untuk mengembangkan atau menata infrastruktur di luar Jawa. Sehingga mereka akan menarik investasi baik perusahaan swasta dan asing untuk berbisnis di luar Jawa," ujarnya di Kemenkeu, Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Dia mengatakan, ada kemungkinan juga pihak JBIC dan investor Jepang ikut mempertimbangkan hal tersebut. Namun, seperti yang sudah dijelaskan akan tetap memperhatikan, daftar permintaan atau kebutuhan yang dipelajari untuk memutuskan proyek seperti apa yang akan diberikan pembiayaan.

"Karena pemerintah baru juga baru berjalan setengah tahun, kami pikir harus melihat kebijakannya dulu," tambah Watanabe.

Namun, jika kebijakan pemerintah Indonesia sudah jelas, JBIC akan memikirkan untuk ke depannya dalam hal investasi pembangunan di Indonesia.

"Jika ada suatu fokus pada pengembangan di luar Jawa, dan memang perusahaan asing serta swasta juga ikut berbisnis dan melakukan berinvestasi di luar Jawa, kami tentu akan sangat mempertimbangkan hal tersebut," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6671 seconds (0.1#10.140)