Ini Alasan Pemerintah Bangun Pelabuhan Kuala Tanjung

Rabu, 21 Januari 2015 - 10:46 WIB
Ini Alasan Pemerintah Bangun Pelabuhan Kuala Tanjung
Ini Alasan Pemerintah Bangun Pelabuhan Kuala Tanjung
A A A
JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah membangun megaproyek Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara sebagai bagian dari 24 pelabuhan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lantas apa alasan pemerintah memilih wilayah tersebut untuk dijadikan pelabuhan?

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, pemilihan Kuala Tanjung untuk pelabuhan laut dalam (deep sea port) Indonesia karena untuk mengakomodasi kelapa sawit yang banyak di daerah Sumatera Utara.

"Mengapa pelabuhannya dibangun di Kuala Tanjung juga? Nah ini untuk mengakomodasi kelapa sawit yang sudah ada dan banyak di Sumatera Utara," tuturnya di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, pelabuhan yang rencananya akan melakukan ground breaking (peletakan batu pertama) pada 29 Januari 2015, bersamaan dengan dibangunnya kawasan industri di Semangke, yang akan digunakan untuk pengolahan produk kelapa sawit.

"Nanti via pelabuhan ini, saat bersamaan juga kawasan industri di Semangke akan dipakai pengolahan produk kelapa sawit. Jadi program terintegrasi," jelas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3588 seconds (0.1#10.140)