Mutiara Kehidupan

Rabu, 28 Januari 2015 - 12:09 WIB
Mutiara Kehidupan
Mutiara Kehidupan
A A A
Saya sempat diminta oleh beberapa orang untuk menuliskan intisari dari pemikiran atau langkah apa yang harus diambil secara umum supaya dapat memiliki kehidupan yang naik ke tingkat selanjutnya (go to the next level).

Intinya mereka ingin mengetahui apa resep yang mujarab untuk membantu keluar dari kondisi saat ini yang diyakini sebagai situasi yang kurang optimal bagi mereka. Ada banyak hal yang sering saya bagikan, namun pada kesempatan ini saya akan kemukakan beberapa yang cukup menarik perhatian. Ini mutiara kehidupan yang perlu untuk mengingatkan kita kembali.

Salah satu hal yang penting adalah seperti ungkapan dalam Bahasa Inggris yang mengatakan, “The indispensable first step to getting the things you want out of life is this: decide what you want.” Langkah pertama yang mutlak harus ada untuk mendapatkan apa yang diinginkan dalam hidup ini adalah: Memutuskan/ menetapkan apa yang Anda inginkan.

Sudahkan Anda memiliki ini? Bila belum, jangan ditunda lagi, segera tentukan apa yang Anda inginkan dalam hidup ini. Hanya dengan demikian, arahnya jelas dan memotivasi Anda dalam perjalanan menggapainya. Hal penting lainnya adalah mengubah orientasi atau paradigma Anda yang mungkin selama ini salah. Orang sering berpikir bahwa bekerja adalah untuk mencari uang.

Ini adalah logika berpikir yang salah, karena uang tidak perlu dicari, dengan sendirinya uang akan masuk ke rekening Anda pada akhir bulan bila Anda adalah seorang karyawan. Jadi, lupakan tentang uang, fokus kepada apa yang harus Anda kerjakan dan beri nilai tambah pada apa yang Anda lakukan. Ingatlah untuk tidak menjadi orang yang mengejar uang, tetapi jadilah orang yang dikejar uang.

Berikutnya, dalam melakukan serangkaian tindakan, Anda hanya memiliki dua pilihan yakni lakukanlah hal-hal yang luar biasa atau lakukan hal biasa dengan cara yang luar biasa. Tidak ada pilihan lain. Anda perlu menantang diri Anda keluar dari zona nyaman di mana semua hal terasa biasa saja dan dilakukan dengan cara-cara biasa yang tidak ada nilai tambahnya. “In life, it”In life, its either you make progress or you make excuse.”

Dalam hidup ini hanya ada satu dari dua hal yang mungkin terjadi. Anda sedang membuat kemajuan atau sebaliknya Anda sedang membuat alasan sehingga Anda tidak maju. Saya berharap Anda berada di kelompok orang-orang yang sedang membuat kemajuan berarti dalam hidupnya.

Tips yang lainnya adalah pantang menyerah. Tidak pernah ada orang yang berhasil dalam hidupnya yang tidak pernah mengalami kesulitan atau permasalahan. Perbedaannya hanya satu yakni mereka menyikapi persoalan dengan cara pandang yang berbeda. Mereka percaya batu yang mereka harus lalui adalah batu lompatan, bukan batu sandungan.

Bagaimana Anda menilai apa yang terjadi dengan Anda? Saya selalu percaya bahwa kehebatan seseorang hanya dapat dipotret pada saat dia melalui kesulitan dan dapat keluar menang dengan kepala tetap terangkat, bukan kalah dengan kepala tertunduk. Pemenang percaya bahwa tidak semua yang dihadapinya dapat diubah, tapi perubahan tidak pernah terjadi tanpa terlebih dahulu dia menghadapinya.

Seorang pemenang berani berhadapan dengan persoalan dan bukan berusaha lari darinya. Saya juga percaya pada ungkapan bahwa kenyataan hidup kita tidak pernah akan jauh dari apa yang kita yakini. Bila kita memiliki keyakinan bahwa kita mampu maka kita akan menjadi mampu. Singkat kata, kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan.

Pikiran kita memiliki kekuatan yang dahsyat untuk membatasi dan mengurung kita atau sebaliknya membebaskan kita dan berkelana menembus batasan yang selama ini kita buat sendiri. Ketakutan dan ketidakpercayaan diri adalah contoh dari batasan yang diciptakan oleh pikiran kita sendiri. Berita baiknya adalah pikiran Anda yang menciptakannya juga mampu menghancurkan batasan tersebut.

Anda hanya perlu mengatur ulang bagaimana seharusnya pikiran Anda bekerja. What the mind dwells upon, the body acts upon. Sebagaimana pikiran Anda bekerja, begitupula badan Anda akan bekerja atau meresponsnya. Dan, terakhir sekali pada pembahasan ini, saya ingin mengingatkan bahwa hidup ini seperti lari maraton. Tidak semua orang tiba di garis akhir pada saat yang bersamaan.

Selalu saja ada orang pertama, kedua, dan seterusnya yang sampai di garis akhir. Tidak peduli Anda di urutan mana, namun yang terpenting adalah Anda menjalani proses lari maraton ini, Anda tidak berhenti di tengah jalan dan menyerah. Anda boleh berhenti sebentar untuk beristirahat, mengumpulkan kembali kekuatan dan stamina Anda, kemudian Anda tetap lanjut sampai tiba di garis akhir.

Kecepatan lari kita mungkin berbeda satu sama lain, namun tujuan akhir kita tetap sama. Mulailah dengan baik dan akhirilah dengan baik pula! Semoga memberikan inspirasi bagi Anda! Salam Go To The Next Level!

MEN JUNG, MM
Author – Go To The Next Level!
menjung@gmail.com
@menjung
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9769 seconds (0.1#10.140)