Freeport Tetap Bisa Lanjutkan Smelter di Gresik

Jum'at, 06 Februari 2015 - 13:14 WIB
Freeport Tetap Bisa Lanjutkan Smelter di Gresik
Freeport Tetap Bisa Lanjutkan Smelter di Gresik
A A A
JAKARTA - Menteri ESDM Sudirman Said menegaskan, meski pemerintah meminta PT Freeport Indonesia membangun smelter di Papua, namun rencana pembangunan smelter di Gresik, Jawa Timur tetap bisa dilanjutkan.

"Sebenarnya sudah ada di Gresik (smelter). Smelter di Gresik silakan diteruskan, tapi yang lebih permanen di Papua. Persiapan lebih panjang, bangun di Papua," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (6/2/2015).

Menurutnya, permintaan pembangunan smelter di Papua adalah aspirasi dari masyarakat setempat yang telah dikomunikasikan sejak lama. Kelanjutan rencana itu akan dibicarakan dengan seluruh pihak, baik pemerintah pusat, daerah, dan Freeport.

"Pembangunan smelter bisa mendorong multiplier effect. Kesimpulan mengenai ini akan diambil di lapangan bersama Freeport. Sebagai pemerintah harus juga mendengar aspirasi semua pihak, terutama masyarakat Papua," tandas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah mendesak perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut untuk membangun smelter di Papua.

Alasannya, agar antara smelter dan lokasi pertambangan tidak berjauhan, serta adanya smelter tersebut mampu menumbuhkan perekonomian Papua.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5123 seconds (0.1#10.140)