Menperin: Tol Ciawi-Sukabumi Percepat Industri di Jabar

Selasa, 10 Februari 2015 - 07:13 WIB
Menperin: Tol Ciawi-Sukabumi Percepat Industri di Jabar
Menperin: Tol Ciawi-Sukabumi Percepat Industri di Jabar
A A A
BOGOR - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin optimistis pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km bakal memacu aktivitas industri di kawasan tersebut. Tol yang juga disebut Bocimi ini juga berpotensi merangsang bisnis di Jawa Barat (Jabar), bahkan skala nasional.

“Pertama, jalan tol itu memangkas biaya logistik. Baik transportasi bahan baku maupun pengiriman produk industri,” ujar Menperin di sela-sela groundbreaking di Pintu Keluar Tol Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin (9/2/2015).

Kedua, keberadaan infrastruktur seperti tol ini menjadi nilai lebih daerah Bogor dan Sukabumi yang memikat investor. Selanjutnya, yang ketiga, efek domino dari tol milik MNC Group ini adalah terciptanya lapangan kerja.

“Karena ini industri, lapangan kerja yang tercipta dari dampak positif tol ini pun adalah tenaga kerja terlatih dan terdidik,” ulas Saleh.

Keempat, Menteri juga menilai pengembangan kawasan Sukabumi dapat menjadi alternatif bagi industri di Jakarta dan sekitarnya yang telah padat.

“Jadi bagi industri existing, tol ini menghemat biaya logistik dan sekaligus meningkatkan volume angkut. Bagi investor yang sedang mencari lahan, ini poin unggulan,” kata Saleh.

Menperin juga menambahkan manfaat kelima dari pembangunan tol ini. Yaitu, usaha kecil dan menengah di Sukabumi turut berkembang untuk memenuhi kebutuhan pabrikan yang beraktivitas.

“Baik sebagai pemasok bahan baku, penyedia makanan bagi pekerja hingga kebutuhan perumahan. Saya yakin akan tumbuh usaha dan industri-industri satelit,” pungkasnya.

Hadir pada grounbreaking ini antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT).

Ruas tol ini terdiri dari atas 4 seksi. Seksi I adalah ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km, lalu seksi II dengan ruas Cigombong-Cibadak 11,9 km, lalu seksi III yakni ruas Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km dan seksi IV dengan ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,03 km.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4132 seconds (0.1#10.140)