BUMN Perlu Tingkatkan Daya Saing

Rabu, 11 Februari 2015 - 12:22 WIB
BUMN Perlu Tingkatkan Daya Saing
BUMN Perlu Tingkatkan Daya Saing
A A A
JAKARTA - Badan usaha milik negara (BUMN) didorong untuk meningkatkan daya saing dalam rangka pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir 2015.

BUMN perlu mengembangkan keunggulan kompetitif dalam jangka panjang untuk dapat bersaing di masa depan. “Ditemukan kelemahan dalam hal daya saing perusahaanperusahaan milik negara tersebut yang bisa berakibat fatal, kelemahan tersebut seringkali dipicu oleh faktor-faktor internal di dalam organisasi sendiri,” ungkap Komisaris PT Pupuk Indonesia Holding Company Megananda Daryono di Jakarta kemarin.

Ini ditemukan Megananda dalam penelitian yang dilakukan terhadap PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I hingga PTPN XIV. Dia menambahkan, terkait budaya organisasi, pembelajaran individual dan pembelajaran kolektif pada PTPN seluruh Indonesia memang relatif bagus, namun dari sisi kompetensi dinilai masih kurang. “Dalam memasuki era MEA 2015, daya saing perusahaan BUMN yang acapkali sering dipertanyakan, harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, perlu dikembangkan kebijakan-kebijakan publik yang lebih komprehensif guna mendukung peningkatan daya saing Indonesia, khususnya di sektor perkebunan. Megananda menilai, pengembangan sistem pembelajaran dan kreasi pengetahuan merupakan salah satu prasyarat untuk peningkatan daya saing perusahaan-perusahaan publik di sektor perkebunan.

“Pemerintah perlu menata ulang aktivitas riset di bidang ini untuk menghasilkan keunggulan kompetitif dalam jangka panjang. Tanpa lembaga-lembaga riset dan pengembangan aktivitas pembelajaran dan kreasi pengetahuan secara berkelanjutan, Indonesia akan terus tertinggal sebagai pengguna yang memiliki posisi tawar lebih rendah,” ungkapnya.

Anton c
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4264 seconds (0.1#10.140)