Membeli Apartemen Bekas

Rabu, 11 Februari 2015 - 13:42 WIB
Membeli Apartemen Bekas
Membeli Apartemen Bekas
A A A
1. Periksa kondisi fisik bangunan secara cermat. Jangan tergiur dengan promosi yang ditawarkan. Anda pun harus teliti terhadap keretakan, cat terkelupas, atau kelembapan yang disebabkan oleh bocornya saluran air. Hal ini penting agar apartemen tersebut layak huni sekaligus menguntungkan untuk dijual kembali.

2. Amati kelengkapan fasilitas lingkungan yang tersedia di apartemen itu. Pilihlah apartemen yang berada di lingkungan yang sudah dilengkapi fasilitas, seperti jaringan listrik, air bersih, telepon, dan sarana seperti pusat perbelanjaan, taman bermain, sarana kesehatan, olahraga, dan ibadah.

3. Pilihlah apartemen bekas yang berada di kawasan yang sudah berkembang. Itu karena dengan berkembangnya kawasan tersebut akan meningkatkan nilai dan tentu kenyamanan pemilik apartemen.

4. Periksa aspek legalitas seperti sertifikat induk (HGB), surat izin penunjukan dan penggunaan tanah (SIPPT), dan surat izin mendirikan bangunan (IMB). Periksa dengan saksama riwayat apartemen yang ingin Anda beli jika ingin terhindar dari masalah.

5. Bandingkan harga apartemen dengan apartemen lain di sekitar kawasan itu, atas apartemen yang kondisi dan tipenya mirip dengan apartemen Anda sebagai perbandingan.

6. Jika Anda tidak dapat menemukan perbandingan yang cocok, lakukan penyesuaian biaya dalam data perbandingan harga-harga apartemen yang Anda kumpulkan. Perhitungkan biaya renovasi (jika diperlukan), biaya transportasi dari tempat kerja, ketersediaan fasilitas di sekitar apartemen, dan keamanan lingkungannya.

7. Jika Anda memanfaatkan jasa broker dalam proses pembelian apartemen, pilihlah broker yang bersertifikat.

8. Cek apakah pembelian apartemen bekas dapat melalui KPR. Jika ya, Anda berkesempatan meminta bank untuk melakukan penilaian properti secara benar dan dapat menjadi paduan untuk menawar harga apartemen dengan pantas.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3591 seconds (0.1#10.140)