Mensos Nilai Kualitas Raskin Bulog Samarinda Baik

Jum'at, 13 Februari 2015 - 14:02 WIB
Mensos Nilai Kualitas Raskin Bulog Samarinda Baik
Mensos Nilai Kualitas Raskin Bulog Samarinda Baik
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu mengatakan, kualitas beras masyarakat miskin (raskin) secara umum relatif baik. Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke gudang Bulog di beberapa tempat dalam sepekan ini.

Kasub Bulog Samarinda, Kalimantan Timur M Rudi Prasetya mengatakan, dalam sidak tersebut Khofifah memberikan apresiasi dan menyatakan bahwa kualitas raskin bagus.

"Ibu Mensos bilang bahwa kualitas raskinnya bagus. Beliau secara acak mengambil sendiri sampel raskin yang akan diperiksa. Ibu Khofifah tidak mau mengambil sampel yang diberikan petugas Bulog," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Dari hasil pengambilan acak tersebut, kata Rudi, Khofifah mendapati bahwa kualitas raskin layak diberikan kepada masyarakat. Ini tidak lepas dari berbagai perlakuan yang diberikan terhadap beras tersebut. Mulai dari pembelian di tingkat petani, penyimpanan, hingga distribusi.

Penekanan terhadap kualitas selalu menjadi prioritas. Jika terdapat beras dengan kualitas di bawah standar, maka Bulog akan menolak. Saat penyimpanan, pihaknya selalu menjaga agar beras dalam kondisi kering.

Selain itu, agar terbebas dari jamur, gurem, dan hama, Bulog juga selalu memberikan fungisida dan penyemprotan anti hama. "Agar tidak mengenai beras, ketika penyemprotan dilakukan, maka seluruh beras ditutup dengan plastik," kata dia.

Melalui berbagai perlakuan tersebut, hingga saat ini distribusi yang dilakukan di enam kabupaten/kota yakni Samarinda, Kutai Timur, Kutai Barat, Bontang, Kutai Kartanegara, dan Mahakam, disambut baik masyarakat miskin.

"Bahkan jika terdapat keluhan terhadap kualitas dan kuantitas, kami akan segera mengganti," tandas Rudi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7869 seconds (0.1#10.140)