APEI Genjot Kompetensi Tenaga Kelistrikan

Minggu, 15 Februari 2015 - 02:50 WIB
APEI Genjot Kompetensi Tenaga Kelistrikan
APEI Genjot Kompetensi Tenaga Kelistrikan
A A A
JAKARTA - Asosiasi Profesionalis Elekterikal-Mekanikal Indonesia (APEI) menggenjot kompetensi di bidang tenaga kelistrikan. Hal ini mengingat besarnya potensi pasar listrik di Indonesia jelang dibukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Ketua APEI Provinsi DKI Jakarta, Puji Muhardi mengatakan, potensi pasar yang besar tersebut harus diikuti kompetensi tenaga kelistrikan agar bisa bersaing dengan tenaga dari negara ASEAN lainnya.

"Pasar ASEAN itu kan kesepakatan di antara negara-negara ASEAN membuka pasar. Kalau kita di pasar konstruksi bidang ketenagalistrikan, melihat itu merupakan potensi yang besar. Sebab, proyek kelistrikan di Indonesia itu sangat besar. Yang perlu dilakukan yaitu mengantisipasi masuknya tenaga asing. Caranya, dengan melakukan uji kompetensi agar bisa bersaing dengan tenaga kontruksi listrik dari negara lain," ujarnya, usai Seminar Penilai Ahli Konstruksi Ketenagalistrikan yang digelar APEI DKI Jakarta, di kantor APEI, Sabtu (14/2/2015).

Menurut dia, dengan adanya kompetensi yang tersertifikasi, baik melalui tenaga terampil maupun tenaga ahli, peluang merebut pasar bagi tenaga kerja kelistrikan di dalam negeri akan semakin besar. Di Provinsi DKI Jakarta sendiri, jumlah tenaga kelistrikan yang memiliki sertifikasi kompetensi mencapai kurang lebih 2.400 anggota, dari jumlah anggota APEI DKI yang terdaftar sebanyak 3.500 anggota.

"Jumlah anggota yang memiliki kompetensi macam-macam. Ada tenaga ahli dengan jumlah kurang lebih 1.600 orang dan tenaga terampil kurang lebih 1.800," ucapnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8224 seconds (0.1#10.140)