Harga Emas Global Pertahankan Kenaikan

Senin, 16 Februari 2015 - 09:27 WIB
Harga Emas Global Pertahankan Kenaikan
Harga Emas Global Pertahankan Kenaikan
A A A
MELBOURNE - Emas global mempertahankan kenaikannya menjelang pertemuan para menteri keuangan kawasan Eropa di Brussels untuk melanjutkan pembahasaan utang Yunani.

Emas untuk pengiriman segera diperdagangkan pada USD1.230,04 per ons pada pukul 09.04 pagi di Singapura dari akhir pekan lalu di USD1.229,76. Harga naik untuk hari kedua pada 13 Februari di tengah melemahnya data kepercayaan konsumen Amerika Serikat (AS), yang menambah kekhawatiran melambatnya perekonomian.

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis akan memimpin delegasi ke Brussels pada Senin ini setelah para pejabat gagal menyelesaikan masalah utang negara tersebut pada pekan lalu.

Para menteri keuangan mengadakan pembicaraan pertama mereka dengan Varoufakis dan tidak menghasilkan kesepakatan apapun.

Partai Syriza Tsipras yang terpilih pada 25 Januari sepakat mengakhiri penghematan, sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa kegagalan negosiasi utang baru dapat memicu keluarnya negara itu dari zona Eropa.

Pada pertemuan pekan lalu, Yunani mengajukan usulan masa transisi selama enam bulan dan diizinkan menerbitkan utang baru jangka pendek sebagai pengganti dana talangan (bailout). Sementara kreditur internasioanl mengatakan bahwa pemerintahan baru Yunani harus mematuhi perjanjian sebelumnya.

Dikutip dari Bloomberg, Australia & New Zealand Banking Group Ltd menulis dalam catatannya bahwa kekhawatiran tentang negosiasi utang Yunani dengan kreditur akan terus mendorong harga emas.

Sementara perak untuk pengiriman segera diperdagangkan pada USD17,3507 per ons dari USD17,3625 pada 13 Februari, platinum naik 0,6% menjadi USD1.214,88 per ons, sedangkan paladium sedikit berubah menjadi USD791,25 per ons.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9640 seconds (0.1#10.140)