Susi Sebut Illegal Fishing Berpotensi Money Laundry

Selasa, 17 Februari 2015 - 12:28 WIB
Susi Sebut Illegal Fishing Berpotensi Money Laundry
Susi Sebut Illegal Fishing Berpotensi Money Laundry
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut bahwa praktik penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) merupakan kejahatan luar biasa.

Susi menjelaskan, kapal yang melakukan praktik illegal fishing tidak mendapatkan perizinan dan tidak memiliki kewarganegaraan.

"Sehingga menimbulkan potensi pencucian uang (money laundry) dari kejahatan ini," ujarnya di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Selain itu, menurut dia, hal itu tidak hanya kejahatan korporasi tetapi juga manusia. Karena itu, Susi menilai bahwa kejahatan tersebut sama seperti kejahatan kriminal.

Hingga kini, dia mengungkapkan, dari 1.300 kapal eks-asing yang tidak memiliki izin, hanya sekitar 500 kapal yang masih berada di Indonesia. Adapun, sebanyak 80%-90% kapal eks-asing tersebut masih berada di dok pelabuhan wilayah Indonesia timur.

"Saya bukan bermaksud ingin arogan, tetapi sebagai aparat negara harus menghargai saya punya pekerjaan dan kelautan merupakan kedaulatan bangsa," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5075 seconds (0.1#10.140)