OJK Kembangkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan

Selasa, 17 Februari 2015 - 14:00 WIB
OJK Kembangkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan
OJK Kembangkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengembangkan roadmap keuangan berkelanjutan dengan tiga strategi utama. Yakni, peningkatan supply keuangan berkelanjutan, dukungan untuk menciptakan demand atas keuangan berkelanjutan, serta upaya pengawasan penerapan keuangan berkelanjutan.

Pengembangan strategi ini, didasarkan pada pemikiran bahwa demand dan supply pada keuangan berkelanjutan merupakan unsur saling terkait.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, permasalahan pengawasan atas pelaksanaan keuangan berkelanjutan tetap menjadi prioritas, sejalan dengan upaya menciptakan kestabilan sistem keuangan.

"Sehingga dapat saya sampaikan, bahwa sebagaimana pelaksanaan kegiatan usaha industri jasa keuangan, penerapan keuangan berkelanjutan akan tetap memperhatikan rambu-rambu kehati-hatian," ujarnya saat sambutan Seminar Internasional 'Greening Finance to Support Sustainable Development' di Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengelola risiko pembiayaan pada sektor prioritas adalah kemampuan sumber daya manusia untuk melakukan analisis terhadap proyek-proyek yang masuk dalam katagori keuangan berkelanjutan.

Dia melanjutkan, upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia tersebut menjadi salah satu kunci keberhasilan penerapan keuangan berkelanjutan.

"Sehingga melalui pertimbangan tersebut, OJK telah bekerja sama dengan instansi-instansi terkait termasuk lembaga swadaya masyarakat baik ditingkat nasional maupun internasional, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia," papar Muliaman.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6633 seconds (0.1#10.140)