Jerman Skeptis dengan Negosiasi Utang Yunani

Selasa, 17 Februari 2015 - 15:07 WIB
Jerman Skeptis dengan Negosiasi Utang Yunani
Jerman Skeptis dengan Negosiasi Utang Yunani
A A A
FRANKFURT - Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble menyatakan skeptis bahwa Yunani dapat mencapai kesepakatan utang baru dengan mitra zona euro dan menganggap perilaku Athens tidak bertanggung jawab.

”Dari apa yang kami dengar dari diskusi teknis, saya sangat skeptis bahwa para menteri keuangan zona euro akan mencapai kesepakatan pada pertemuan di Brussels nanti,” ungkap Schaeuble pada radio publik Jerman, dikutip kantor berita AFP. Yunani meminta perubahan pada bailout masif oleh para kreditor internasional.

Brussels mendukung kelanjutan program yang ada sekarang yang berakhir bulan ini. Meski demikian, Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras yang baru dilantik bulan ini berjanji mengubah persyaratan bailout yang dianggap merusak Yunani, bukan membantu negara itu. Itu membuka opsi kesepakatan untuk menutupi kebutuhan keuangan jangka pendek Yunani hingga negara itu mendapatkan pijakan pertumbuhan ekonomi yang cukup untuk menutup beban utangnya.

”Pertanyaan saya ialah semua ini permainan poker yang besar untuk pemerintahan baru di bawah Tsipras,” kata Schaeuble. Saat ditanya tentang kemungkinan Yunani keluar dari euro atau Grexit, Schaeuble menegaskan, ”Itu bukan yang kami inginkan. Tapi, itu masalah bagi Menkeu Yunani Vanis Varoufakis untuk memutuskannya.” Schaeuble baru-baru ini dikarikaturkan di media Yunani mengenakan seragam tentara era Nazi, mengejek upaya Yunani membuat kesepakatan baru dengan para mitra zona euro.

”Saya sedih pada Yunani saat ini. Mereka telah memilih pemerintahan yang saat ini bertindak tidak bertanggung jawab,” katanya. Yunani yakin mencapai kesepakatan dalam negosiasi dengan mitra zona euro, tapi kembali menegaskan tidak akan menerima persyaratan yang berat dalam kesepakatan utang apa pun.

PM Tsipras mengatakan pada majalah Stern bahwa Yunani memerlukan waktu menerapkan reformasi dan mengatasi kesalahan manajemen pada masa lalu. ”Saya perkirakan negosiasi sulit. Meski demikian, saya sangat yakin. Saya janjikan pada Anda: Yunani pada akhirnya, dalam waktu enam bulan, akan menjadi negara yang sepenuhnya berbeda,” kata Tsipras, dikutip kantor berita Reuters.

Para menteri keuangan zona euro bertemu di Brussels kemarin untuk mencari kesepakatan dengan pemerintahan baru Yunani. Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker melakukan percakapan telepon dengan Tsipras atas permintaan PM Yunani.

Jika pertemuan para menteri keuangan zona euro itu tidak memberikan hasil, ada kekhawatiran Yunani akan mengalami krisis kredit yang akan memaksa negara itu keluar dari zona euro. Kemajuan, dalam bentuk apa pun, berarti akan ada negosiasi lanjutan pada pekan ini.

Syarifudin
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5585 seconds (0.1#10.140)