Properti Jakarta Memiliki Pertumbuhan Besar

Rabu, 18 Februari 2015 - 14:01 WIB
Properti Jakarta Memiliki Pertumbuhan Besar
Properti Jakarta Memiliki Pertumbuhan Besar
A A A
Pasar properti Indonesia, khususnya Jakarta masih memiliki prospek pertumbuhan yang besar di berbagai sektor. Hal itu yang mendorong minat investor, tidak hanya investor lokal, juga investor asing yang melihat potensi permintaan berbagai produk properti, khususnya yang menyasar kelas menengah dan atas di Ibukota.

Kebijakan pemerintah pusat dan provinsi, sangat menentukan arah pengembangan bisnis properti di DKI Jakarta. Dalam pembangunan infrastruktur misalnya, pembangunan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (Tol JORR) terbukti menjadi faktor positif penggerak pengembangan sejumlah wilayah Jakarta.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Realestat Indonesia (DPD REI) DKI Jakarta Amran Nukman menyebutkan, fungsi Tol JORR, harus lebih dioptimalkan sebagai sabuknya Jakarta yang memeratakan beban lalu lintas dan intensitas kegiatan penyokong pertumbuhan sentra ekonomi baru. Untuk itu, pemerintah provinsi perlu peningkatan penataan ruang sepanjang JORR.

“Saat ini, sepanjang JORR, sudah banyak dibangun hunian vertikal, dan perkantoran. Dibutuhkan juga fasilitas pendukung termasuk pusat ritel-ritel baru,” paparnya. Banyak anggapan, Jakarta bertabur pusat perbelanjaan alias ruang ritel. Hal itu kerap dituding menjadi biang kemacetan.

Padahal menurut Dr Lukman Purnomosidi, Ketua Kehormatan REI, padatnya kondisi jalan di wilayah sekitar pusat belanja adalah merupakan penanda persebarannya yang kurang merata. Jakarta dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 10 juta orang, dengan jumlah ruang ritel yang tersedia baru sebanyak 3,9 juta meter persegi, terbilang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan kota-kota besar di ASEAN dan mancanegara.

“Karena itu, Jakarta perlu memeratakan lokasi-lokasi ritel supaya tidak terkonsentrasi di pusat kota,” tambahnya. Hal itu lanjutnya bisa dilakukan, dengan melakukan optimalisasi fungsi tol JORR dan penataan peningkatan intensitas tata ruang di sabuk Jakarta itu. Sebagai informasi, tol JORR adalah rangkaian jalan tol yang melingkari bagian luar Jakarta, sering disebut “sabuk” Jakarta.

Anton c
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6106 seconds (0.1#10.140)