Dubes RI Ditolak, JK Ancam Stop Pembelian Pesawat Brazil

Selasa, 24 Februari 2015 - 12:53 WIB
Dubes RI Ditolak, JK Ancam Stop Pembelian Pesawat Brazil
Dubes RI Ditolak, JK Ancam Stop Pembelian Pesawat Brazil
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengancam akan menghentikan pembelian pesawat terbang dari Brazil, lantaran penolakan yang dilakukan pemerintah Brazil terhadap Duta Besar (Dubes) Indonesia di negara tersebut.

Seperti diketahui, insiden penolakan Dubes Indonesia di Brazil terjadi pada Jumat (20/2/2015). Saat itu Dubes Indonesia untuk Brazil Toto Riyanto menyampaikan surat kepercayaan kepada pemerintah Brazil. Namun, tiba-tiba pemerintah Brazil mengatakan akan menunda menerima surat kepercayaan Indonesia tersebut.

Menurutnya, hubungan antara Indonesia dengan Brazil lebih banyak dilakukan lantaran Indonesia membeli beberapa macam barang dari Negeri Samba tersebut. Untuk itu, pemerintah pun akan menurunkan sikap tegas seperti yang dilakukan Brazil terhadap Indonesia.

"Hubungan kita dengan Brazil lebih banyak kita beli dari Brazil daripada kita jual ke mereka. Kita beli pesawat macam-macam. Kalau memang begitu, ya sudah kita turunkan sikap juga karena mereka menurunkan sikap juga," ujarnya di kantor BKPM, Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Dia mengatakan, pemerintah dapat mengurangi impor alutsista dari Brazil. Pihaknya pun akan mempertimbangkan untuk membatalkan pembelian pesawat MLS dan Tucano yang rencananya akan dibeli dari Brazil. "Lagi dipertimbangkan (pembatalan pesawat Brazil). Kita periksa dulu macam apa kita punya komitmen, kontraknya," imbuh JK.

Mantan Wapres era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini yakin, akan ada alternatif negara lain yang dapat memasok pesawat ke Indonesia, jika memang pembelian pesawat di Brazil dihentikan. "Banyak negara yang bisa suplai (pesawat). Ada Jepang, Eropa, banyak sekali," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6918 seconds (0.1#10.140)