Susi Tegaskan Tak Ada Penggantian Cantrang

Selasa, 24 Februari 2015 - 20:00 WIB
Susi Tegaskan Tak Ada Penggantian Cantrang
Susi Tegaskan Tak Ada Penggantian Cantrang
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, pihaknya tidak akan memberikan penggantian terhadap alat tangkap pengganti setelah pelarangan cantrang laut yang baru-baru ini dilakukan.

Menteri nyentrik itupun mengatakan, dengan tegas tidak akan pernah berpikir untuk mengganti. Kemudian, untuk nelayan pemilik cantrang dipersilakan memakai alat tangkap yang lain.

"Tidak. Kita tidak pernah mengganti apapun. Tidak ada solusi mengganti, tidak akan solusi mengganti alat tangkap, silakah mencari yang lain. Tapi kita tak akan mengganti," tegasnya di Jakarta, Senin (24/2/2015).

Dia juga mengatakan, jika pihaknya memberikan pengganti maka akan menimbulkan moral hazard. "Ini berkaitan dengan moral hazard kita kalau kita mengganti mereka punya cantrang," ujar Susi.

Menurutnya, pelarangan cantrang untuk membantu nelayan kecil. Maka perairan RI tidak rusak dan kemudian meningkatkan jumlah ikan. Pelarangan alat tersebut juga tidak akan menekan nelayan kecil, karena adanya asumsi, jika nelayan kecil juga menggunakan cantrang.

"Siapapun yang bilang kalau cantrang itu buat nelayan kecil, anda salah besar! Look at Rembang Pati, tidak ada di sana. Cantrang itu harganya Rp1 miliar at least Rp800 juta, itu sudah yang paling cheap," tegasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7136 seconds (0.1#10.140)