Ragam Furnitur Modular

Rabu, 25 Februari 2015 - 12:04 WIB
Ragam Furnitur Modular
Ragam Furnitur Modular
A A A
Bentuk unik dan natural menjadi andalan furnitur modular. Desainnya yang tidak lekang oleh zaman bisa membuat tatanan interior rumah Anda semakin terlihat trendi.

Furnitur modular menggambarkan konsep rumah yang modern dan bisa disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan sang pemilik. Nah, selain rumah, furnitur juga bisa ditumbuhkan sesuai kebutuhan. Konsep furnitur seperti ini paling pas digunakan untuk tipe rumah minimalis.

Sesuai namanya, furnitur modular tersedia dalam bentuk modul atau bagian terpisah yang dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. “Jenis furnitur seperti ini cocok untuk memenuhi gaya hidup masa kini yang serbapraktis, serbacerdas, dan serbahemat,” tutur desainer interior Rina Renvil.

Konsep yang mulai banyak dikembangkan oleh berbagai produsen furnitur ini juga bisa diterapkan di berbagai jenis furnitur penyimpanan, mulai rak buku, lemari pakaian, hingga kitchen set. Anda tertarik? Sebelum memilih furnitur modular yang tepat untuk mengisi rumah, yuk kita tengok dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Salah satu kelebihan furnitur modular adalah hemat waktu dan biaya, kita tidak perlu repot-repot mencari tukang, mengukur dan memilih bahan, hingga mengontrol pembuatan furnitur. Itu karena furnitur modular umumnya produk pabrikasi yang telah memiliki standar ukuran tersendiri.

“Kelebihan furnitur ini karena telah tersedia atau ready stock, furnitur modular akan menghemat waktu dan biaya yang kita keluarkan dibandingkan jika membeli sesuai pesanan,” kata desainer interior Susan Octari Yawhan. Namun, di sisi lain, furnitur ini bisa terlalu pasaran dan kurang sentuhan personal. Kita dapat mengakalinya dengan berbagi ide kreatif, misalnya menempelkan wallpaperdi beberapa sisi furnitur yang mudah terlihat.

Rina pun menyebutkan, saat ini banyak produsen yang sudah menyediakan ukuran furnitur modular, tinggal kita yang menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Misalnya, jika lemari buku modular memiliki 3 ukuran lebar 30 cm, 60 cm, dan 90 cm, kita tinggal menyesuaikannya dengan lebar ruangan.

Ruangan selebar 150 cm bisa menggunakan 2 lemari berukuran masing-masing 60 cm dan 90 cm, atau bisa juga menggunakan 5 buah lemari berukuran 30 cm. Anda tinggal menyesuaikannya dengan jenis barang yang ingin disimpan atau bentuk tampilan akhirnya.

Keuntungannya, Anda dapat memindahkan furnitur ini di mana saja, termasuk area yang lebih sempit daripada sebelumnya dengan cara memisahkan bagiannya. IKEA, salah satu produsen furnitur, memiliki produk rak buku modular yang dudukan rak dan daun pintunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Karena itu kita dapat menambahkan rak atau daun pintu pada kemudian hari. Selain itu, karena setiap bagiannya dijual terpisah, kita pun dapat berkreasi sendiri untuk menjadikan tampilan furnitur ini lebih unik. Misalnya memadukan dua warna pelapis pada satu furnitur.

Ini cocok untuk Anda yang belum memutuskan model furnitur ideal, misalnya berdaun pintu atau tidak, ataupun yang anggarannya terbatas. “Saya tertarik dengan furnitur modular karena selalu memiliki daya pikat sendiri dan desainnya tidak pernah lekang oleh zaman. Jadi, selalu bisa menghias sudut di rumah,” tutur Alfiyanti, salah satu pengunjung IKEA dan penggemar furnitur modular.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)