Waktu Bongkar Muat Pelabuhan RI Terlama di ASEAN

Rabu, 25 Februari 2015 - 20:02 WIB
Waktu Bongkar Muat Pelabuhan RI Terlama di ASEAN
Waktu Bongkar Muat Pelabuhan RI Terlama di ASEAN
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman In‎droyono Soesilo mengatakan, waktu bongkar muat (dwelling time) pelabuhan di Indonesia terlama di ASEAN.

"‎Kita ingin mendengarkan pemaparan dari Ketua Ombudsman Pak Danang, yaitu mengenai kajian yang dilaksanakan sebagai salah satu contohnya saja di Tanjung Priok, terutama semaksimal mungkin diupayakan menurunkan dweliing time atau lama kelola, karena kita masih termasuk yang terendah di ASEAN," kata Indroyono di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/2/2015).‎

‎Menurutnya, waktu bongkar muat di pelabuhan Indonesia bisa sampai sembilan hari lamanya. Meski ada dua versi, yakni 7-9 hari dan 8 hari. Namun, waktu tersebut sangat jauh jika dibandingkan negara tetangga Singapura. "Bisa dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN, seperti Singapura waktu bongkar muat kurang dari satu hari," ujarnya.

Senada, Ketua Ombudsman Danang membenarkan buruknya pelayanan publik disektor pelabuhan Indonesia. Menurutnya, masih buruknya pelayanan pelabuhan menyebabkan pelayanan publik berkurang.

"Beliau (Pak Jokowi) megarahkan seluruh jajaran di ratas (rapat terbatas) untuk menugaskan Pak Menko Maritim menjadi champion, menjadi satu entitas yang mengelola dan melakukan perubahan di pelabuhan. Kita berencana bersaing di ASEAN untuk memiliki pelabuhan nomor satu di kawasan," tukasnya.

Seperti diketahui, rapat terbatas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan beberapa menteri hari ini membahas masalah lamanya waktu bongkar muat pelabuhan di Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6050 seconds (0.1#10.140)