Agen Asuransi Syariah Perlu Perhatikan 4 Segmen Masyarakat

Kamis, 26 Februari 2015 - 12:26 WIB
Agen Asuransi Syariah Perlu Perhatikan 4 Segmen Masyarakat
Agen Asuransi Syariah Perlu Perhatikan 4 Segmen Masyarakat
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komite Tetap Keuangan Syariah Kadin Indonesia Adiwarman A Karim mengatakan, dalam menawarkan produk asuransi syariah terhadap masyarakat, ada empat segmen masyarakat yang harus diperhatikan. Pasalnya, tidak semua masyarakat bisa diperlakukan sama oleh agen asuransi syariah.

Hal ini disebabkan karena tidak meratanya lapisan masyarakat di Indonesia saat ini. Maka, perlakuan terhadap mereka juga harus berbeda. "Segmen pasar pertama adalah masyarakat apatis. Buat mereka, syariah itu enggak penting. Buat mereka yang penting murah. Jadi enggak harus berpatokan konvesional atau syariah karena yang penting murah," ujarnya di Menara Kadin Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Segmen kedua yang harus diperhatikan adalah orang yang berpikir rasionalis. Adiwarman menjelaskan, bahwa murah tidak penting, yang penting fitur dari asuransi tersebut banyak.

"Dia yang penting fiturnya banyak. Nah yang begini ini, dia di lapangan banyak nanya. Enggak bisa dia bayar hanya misalnya Rp50 ribu saja tapi fiturnya enggak banyak," ungkap dia.

Kemudian, tipe selanjutnya adalah universalis. Menurutnya, tipe ini adalah orang-orang yang menuntut agar asuransi itu mengutamakan kejujuran.

"Tipe ini biasanya yang nuntut, jangan cuma bayar premi saja getol ditagih, tapi sewaktu diklaim susahnya minta ampun," ujar Adiwarman.

Keempat adalah tipe conformist, yaitu tipe yang menjunjung tinggi syariah Islam. Intinya, jika perusahaan asuransi itu berbasiskan syariah, maka harus 100% syariah.

"Triknya ini nanti agen harus disiapkan dua hal. Satu fotocopy pengawasan dewan pengangkat syariah dari MUI, dan foto bersama direksi MUI, biar dia percaya.
Jadi kalau jualan ini, kita harus paham di lapangan ada empat segmen orang ini," pungkasnya.

(Baca: Ini Tantangan Industri Asuransi Syariah)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5658 seconds (0.1#10.140)