Pertamina Tambah 50% Pasokan Elpiji 3 Kg

Jum'at, 27 Februari 2015 - 13:16 WIB
Pertamina Tambah 50%...
Pertamina Tambah 50% Pasokan Elpiji 3 Kg
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menambah pasokan elpiji 3 kg 50% lebih banyak dari kuota harian yang telah ditetapkan untuk mengantisipasi panic buying di masyarakat.

Pertamina ingin menegaskan bahwa stok elpiji tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kita gelontorkan berapa pun yang dibutuhkan masyarakat, saat ini operasi pasar sedang berlangsung di Kota Depok dan Bandung. Kami berharap masyarakat tidak kesulitan lagi mendapatkan elpiji 3 kg,” kata Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang di Jakarta, kemarin.

Kuota elpiji 3 kg di Depok yang ditetapkan sebanyak 54.000 tabung per hari kini ditambah menjadi 81.000 tabung per hari. Dengan langkah itu, Ahmad berharap tidak terjadi lagi panic buying yang menyebabkan elpiji 3 kg sulit ditemukan di pasaran. Bambang juga mengimbau masyarakat untuk membeli elpiji 3 kg di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dengan harga resmi yang ditetapkan, sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

“Ini hanya panic buying . Saat ini stok di agen resmi atau pangkalan khususnya di Depok cukup banyak,” ujarnya. Bambang mengatakan, kelangkaan elpiji di beberapa daerah disinyalir merupakan ulah pengecer nakal yang sengaja menahan stok. Menurut dia, ketika Pertamina mengadakan operasi pasar, ditemukan penyerapan elpiji hanya sekitar 10%.

“Salah satu penyebab rendahnya penyerapan itu karena ada beberapa pangkalan yang terindikasi bertindak nakal dengan menahan pasokan elpiji,” katanya. Dia menegaskan, jika terbukti nakal, Pertamina tidak segan memberi sanksi berupa skorsing atau mengurangi pasokan ke distributor atau pengecer tersebut.

Pertamina menambah pasokan elpiji 3 kg di wilayah Jawa Barat pada 25-27 Februari 2015 untuk menjamin ketersediaan dan kestabilan harga komoditas tersebut. Hubungan Eksternal Pemasaran Jawa Bagian Barat Pertamina Milla Suciyani dalam keterangan tertulisnya mengatakan, pihaknya menambah pasokan elpiji 3 kg di Bogor sekitar 260.000 tabung dan Depok 93.000 tabung. Daerahdaerah lain seperti Cirebon, Majalengka, Kuningan, Garut dan Cianjur.juga diberikan tambahan pasokan sebanyak 50% dari alokasi hariannya.

Nanang wijayanto/ant
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1659 seconds (0.1#10.140)