Rekomendasi Ekspor Newmont Tergantung Freeport

Senin, 02 Maret 2015 - 18:58 WIB
Rekomendasi Ekspor Newmont Tergantung Freeport
Rekomendasi Ekspor Newmont Tergantung Freeport
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) untuk segera memperbarui kerjasamanya dengan PT Freeport Indonesia untuk membangun smelter.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Sukhyar mengatakan, rekomendasi untuk ekspor akan diberikan jika perpanjangan kerja sama antara kedua belah pihak tersebut tercapai.

"Masih menunggu agreement antara Freeport dan Newmont akan ikut suplai konsentrat, apa akan share dalam investasi. Batas dia 19 Maret habisnya untuk bisa ekspor, selambatnya menunggu sebelum tanggal segitu antara mereka, nota kesepahaman," ujarnya di Kantor ESDM, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Menurutnya, kerja sama tersebut harus diperbarui karena pembangunan smelter merupaka proyek jangka panjang yang memakan waktu. "Newmont siap kontribusi dalam dana. Malu Newmont nebeng, ada share di pendanaan. Karena smelter ini jangka panjang, ya Newmont invest-lah," jelas dia.

Sukhyar menjelaskan, Freeport sendiri sudah berkomitmen kepada pemerintah untuk membangun smelter secara mandiri di Gresik, Jawa Timur (Jatim).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7658 seconds (0.1#10.140)