Home Control Canggih Penghemat Energi

Rabu, 04 Maret 2015 - 10:11 WIB
Home Control Canggih Penghemat Energi
Home Control Canggih Penghemat Energi
A A A
Untuk sebuah hunian, pencahayaan dan pendingin udara memiliki kontribusi yang cukup signifikan bagi konsumsi energi. Hal itulah yang menginspirasi Schneider Electric untuk meluncurkan ULTI Ezinstall3.

Melalui sistem otomatis yang cerdas, yakni dengan penjadwalan otomatis serta sistem wireless , alat ini tidak hanya mudah dan efisien saat digunakan, tapi juga membantu mengurangi pemborosan energi. Mini home control ini menggabungkan pengaturan cahaya, kontrol tirai, serta perangkat elektronik lain seperti AC dan televisi ke dalam satu platform.

“Seiring meningkatnya minat konsumen terhadap solusi home control , kami percaya bahwa semua orang seharusnya bisa menikmati rumah yang memiliki fitur otomatisasi, sesuai dengan kebutuhan dan dana yang mereka miliki,” ujar Raymon Firdauzi, Vice President for Eco Building and Partner Project Schneider. Menurut Raymon, ULTI Ezinstall3 dilengkapi sejumlah fitur inovatif yang mudah digunakan oleh para pengguna.

Salah satunya tambahan converter infrared yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol televisi dan AC dari satu tempat. Kemudian ada pula fitur remote control ZigBee Radio Frequency yang mampu meminimalkan gangguan sinyal sehingga pemilik rumah tetap bisa leluasa memilih material untuk dekorasi huniannya.

“Jadi pilihannya tidak hanya on/off . Kalau ingin sedikit redup pun bisa diatur. Ini kan jadi lebih hemat energi. Pelanggan tidak harus repot segera mengganti lampu. Fitur dimtech -nya otomatis mendeteksi lampu mana yang bisa diatur intensitas cahayanya,” kata Raymon.

Salah satu perumahan yang sudah menerapkan sistem ini adalah Citra Gran Cibubur. Perumahan milik pengembang Ciputra Group ini membangun rumah contoh dengan konsep smart home.

Rumah ini dilengkapi dengan furnitur dan fitur pintar. Menurut Sales Executive Citra Gran Bayu Winarso, fitur smart home berguna bagi pelanggan. Apalagi, pelanggan Citra Gran didominasi oleh pasangan yang baru menikah. “Mereka biasanya sudah aware dengan teknologi dan ingin segalanya serbamudah,” ujar Bayu.

Harga Rp2,3 miliar yang dibanderol untuk rumah dengan luas bangunan 123 meter persegi dan luas lahan 128 meter persegi diklaim tak terlalu mahal. Sebelum dilengkapi furnitur dan dipasang fitur smart home , rumah ini dihargai Rp2 miliar.

Selain itu, alat tersebut juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol rumah dari manapun melalui aplikasi mobile yang sudah terintegrasi dengan platform iOS dan Android sehingga pengguna dapat mengecek sistem automasi melalui ponsel di manapun mereka berada.

Aprilia s andyna
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4462 seconds (0.1#10.140)