Tips Hemat Renovasi Hunian

Rabu, 04 Maret 2015 - 10:12 WIB
Tips Hemat Renovasi Hunian
Tips Hemat Renovasi Hunian
A A A
TENTUKAN konsepnya secara matang dan mendetail. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memikirkan desain yang sesuai berkaitan dengan bagian mana saja dari tempat tinggal Anda yang akan diperbaiki.

Apakah ada material lama yang akan digunakan kembali atau semuanya baru. Jika ada pertimbangan pemakaian material lama, harus melakukan pembongkaran secara hati-hati. Adanya konsep yang jelas serta desain yang detail juga mempermudah tukang untuk melakukan pekerjaannya secara lebih cepat.

LAKUKAN seleksi pada bahan dan kualitas material bangunan. Pemilihan bahan dan kualitas material bangunan diperlukan, terutama jika ada keterbatasan dana yang kita persiapkan. Anda dapat mempertimbangkan untuk memakai barang-barang berkualitas sedang atau barang bekas.

Tentu pemakaian barang berkualitas sedang atau barang bekas ini hanya dapat diterapkan pada bagian-bagian tempat tinggal yang tidak terlalu riskan, seperti keramik lantai, kayu, dan cat tembok. Sementara untuk bagian seperti rangka atap, fondasi tempat tinggal, struktur bangunan, pipa air yang ditanam, dan cat eksterior sebaiknya menggunakan yang berkualitas baik.

PILIH cara pembayaran yang paling cocok. Jika konsep dan desain telah jelas serta matang, sistem pembayaran tukang dengan sistem borongan akan lebih menguntungkan. Namun, jika konsep dan desain belum jelas, lebih baik membayar tukang dengan sistem harian.

JADWALKAN waktu yang paling tepat. Tentukanlah waktu yang tepat untuk renovasi. Sebaiknya hindari melakukan perbaikan pada saat musim hujan karena tukang yang Anda sewa akan menemui kesulitan pada pengerjaan rumah Anda.

Rendra hanggara
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4960 seconds (0.1#10.140)