Ragam Furnitur Kamar Tidur

Rabu, 04 Maret 2015 - 10:12 WIB
Ragam Furnitur Kamar Tidur
Ragam Furnitur Kamar Tidur
A A A
Salah satu ruang di rumah Anda yang paling mencerminkan kepribadian Anda adalah kamar tidur. Di sini Anda bebas berekspresi sesuai karakter Anda, di antaranya melalui pemilihan pernak-pernik furnitur yang memang pas dengan desain kamar tersebut.

Furnitur kamar tidur menjadi satu kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi guna terciptanya kenyamanan dalam ruang peraduan Anda itu. Furnitur kamar tidur menjadi kebutuhan kedua yang harus dipenuhi setelah kamar itu sendiri. Siapa yang tidak ingin mempunyai kamar tidur cantik dan nyaman?

Dalam menciptakan kamar tidur yang cantik dan nyaman, Anda sebaiknya tidak hanya terpaku pada luas ruangan atau desain serta pemilihan furnitur kamar yang mahal. Asalkan Anda dapat memilih ragam furnitur kamar yang menarik dan sesuai, Anda sudah bisa mendapatkan kamar tidur yang nyaman.

Desainer interior Ade Lesmana menuturkan, langkah awal yang harus diperhatikan dalam mendesain kamar tidur adalah konsep. Apakah kamar tidur hanya dibuat untuk ruang beristirahat dan menghabiskan waktu luang, atau sekaligus sebagai ruang bekerja. “Pernak-pernik furnitur kamar tidur tidak perlu mahal. Yang penting dapat memenuhi kebutuhan kamar tersebut,” ujar Ade.

Terkadang Anda mungkin terjebak dalam penggunaan furnitur kamar yang terkesan memakan banyak space . Hal ini menyebabkan tidak leluasanya pergerakan Anda di kamar karena sesak. Karena itu, pilihlah furnitur kamar tidur yang tepat guna. Salah satu furnitur yang terpenting di dalam kamar, tentu saja tempat tidur. Ada berbagai model tempat tidur yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan desain kamar.

Bila ruang tidur Anda tidak terlalu besar dan hanya untuk satu orang, bisa menggunakan jenis tempat tidur berukuran single. Mengenai bentuk furnitur, boleh disesuaikan dengan selera Anda.

Bisa dengan menggunakan tiang penyangga ataupun dipan biasa. “Untuk kamar tidur yang besar bisa menggunakan doubel bed . Tempat tidur yang digunakan berukuran king yang terbuat dari kayu dengan lapis plastik imitasi. Bentuknya pun dapat dipilih, bisa dengan headboard tinggi atau yang rendah,” sebut Ade.

Selain tempat tidur, furnitur yang harus diperhatikan untuk menciptakan kamar yang nyaman adalah lemari. Lemari biasanya digunakan untuk menyimpan pakaian dan benda pribadi Anda. “Untuk pemilihan lemari, sebaiknya pilih lemari yang disesuaikan dengan desain serta ukuran kamar tidur. Bila kamar tidur Anda berukuran besar, lemari bisa dipisahkan dengan area tempat tidur,” papar Ade.

Lemari di kamar tidur sebaiknya dibuat multifungsi, seperti lemari lima pintu yang dilengkapi dengan tempat gantungan, laci untuk penyimpanan, atau bisa juga lemari yang bentuknya memanjang sesuai dengan dinding di salah satu sisi di kamar tidur. “Bila ruang kamar tidak terlalu luas, bisa menggunakan lemari berukuran sedang dengan dua pintu. Sebaiknya kita memang pintar menata kamar tidur agar ruangan tersebut terasa nyaman dan lebih luas,” kata Ade.

Meja rias juga merupakan furnitur kamar yang tidak boleh dilupakan. “Pilihlah meja rias dengan bentuk seperti meja yang mempunyai laci untuk menyimpan peralatan kosmetik. Bisa juga dengan meletakkan kaca besar dalam bentuk foyer di atasnya sehingga terkesan simpel dan fleksibel,” papar salah seorang pemilik toko furnitur, Elizabeth.

Furnitur yang juga tidak kalah penting di kamar tidur adalah meja. Jika Anda menginginkan ruang tidur menyatu dengan ruang kerja, meja merupakan furnitur yang paling penting. Bagi Anda yang membutuhkan meja di kamar tidur, Anda bisa memilih meja dengan model konsol. Bila Anda tidak ingin menggunakan meja berkaki, meja dengan model lesehan atau model Jepang yang dilapisi kaca bening juga bisa digunakan untuk melengkapi furnitur di kamar.

Sebagai “teman” tempat tidur dan untuk meletakkan lampu tidur, Anda boleh menggunakan meja nakas.

Aprilia s andyna
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4821 seconds (0.1#10.140)