Perbankan Perkuat Nasabah Premium

Jum'at, 06 Maret 2015 - 11:12 WIB
Perbankan Perkuat Nasabah Premium
Perbankan Perkuat Nasabah Premium
A A A
JAKARTA - Perbankan manfaatkan momen Tahun Baru Imlek untuk meningkatkan bisnis wealth management. Hal ini sangat penting di masa kebutuhan likuiditas tinggi sehingga bank terus mempertahankan nasabah potensialnya.

Pemimpin BNI Wilayah Jakarta Kota Suharta Wijaya optimistis dana nasabah kaya dapat tumbuh hingga 17% dari tahun lalu. Sehingga, customer gahnjnjjjthering tersebut dirasa penting untuk nasabah yang potensial. Dalam acara ini mereka juga mengembangkan segmen business banking dan consumer retail.

“Mayoritas nasabah ritel yang hadir. Namun acara ini bagus untuk nasabah Emerald dari klien korporasi kami,” ujar Suharta saat ditemui di Jakarta kemarin. Diamengatakan, melaluiacara tersebut pihaknya ingin mengetahui kebutuhan nasabahnya. Sehingga, penetrasi dapat terus dikembangkan meskipun persaingan semakin ketat.

Bahkan, ada kecenderungan keluarnya likuiditas dalam dua bulan terakhir. Menurut Suharta, nasabah sedang tertarik mengalihkan dananya untuk transaksi pasar modal. “Sejak Desember lalu sudah ada penurunan dana pihakketiga( DPK). Trenpasarmodal sedang positif sehingga ada nasabah alihkan dananya. Sekitar 5% pengurangan di awal tahun 2015,” ujarnya.

Dia menyatakan bahwa kondisi demikian adalah siklus yang wajar di awal tahun. Namun, pada bulan Maret diprediksi likuiditas akan kembali membaik dengan masuknya dana proyek pemerintah. “Puncak pertama pertumbuhan likuiditas akan terjadi di Juni dengan kenaikan bisa mencapai 5% dari Desember tahun lalu,” ujarnya.

Berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) per Desember 2014, simpanan di atas penjaminan LPS dengan nominal Rp2-5 miliar di Desember 2014 mencapai 138.184 rekening atau tumbuh 18,20% dibanding Desember 2013 yang mencapai 116.904 rekening.

Sedangkan, jumlah rekening dengan simpanan di atas Rp5 miliar di akhir Desember 2014 mencapai 77.226 rekening, tumbuh sebesar 16,01% dibanding Desember 2013 yang mencapai 66.567 rekening. Sementara, Bank Permata juga menggelar customer gathering dalam rangka Tahun Baru China atau Imlek.

“Temu nasabah ini merupakan apresiasi terhadap para nasabah korporat yang menjadikan PermataBank sebagai mitra dalam berbisnis,” ujar Direktur Utama Bank Permata Roy Arfandy dalam siaran pers kemarin. Aktivitas wholesale banking Bank Permata dilakukan oleh tiga unit bisnis yaitu client relationship yang menangani aspek relasi dengan nasabah di berbagai industri.

Transaction banking untuk menangani pengembangan produk dan layanan perbankan transaksional. Serta, global markets yang mengelola likuiditas, neraca serta layanan produk treasury.

Hafid fuad
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9091 seconds (0.1#10.140)