Sasar Kelompok Tani, BRI Terbitkan Kartu Tani

Selasa, 10 Maret 2015 - 09:54 WIB
Sasar Kelompok Tani, BRI Terbitkan Kartu Tani
Sasar Kelompok Tani, BRI Terbitkan Kartu Tani
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meningkatkan pelayanan jasa perbankan bagi para pelaku kelompok tani dengan meluncurkan Kartu Tani.

Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank BRI fokus pada bisnis UMKM. Perseroan terus melayani pangsa pasar segmen mikro khususnya bagi para kelompok tani.

Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria mengatakan, Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit BRI yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi. Kartu Tani ini dapat digunakan untuk memonitor penyaluran pupuk bersubsidi yang anggarannya menggunakan APBN.

“Fungsi Kartu Tani ialah kartu debit yang dapat digesek pada EDC BRI yang ditempatkan di distributor pupuk di seluruh Indonesia,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya kemarin. Dia mengungkapkan, penerbitan Kartu Tani ini dapat membantu pemerataan distribusi pupuk bersubsidi bagi para petani yang berhak mendapatkannya, sehingga penyalurannya dapat tepat sasaran.

Dengan adanya penerbitan Kartu Tani ini para petani dapat lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi di seluruh agen ataupun kios yang ditunjuk. Dengan begitu, proses tanam petani tidak terganggu lagi karena kesulitan mendapatkan pupuk. Petani yang ingin mendapatkan Kartu Tani cukup dengan langsung mendatangi unit kerja BRI terdekat dan menyerahkan KTP.

Jika data tersebut cocok dengan server SIMPI (Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia), petani dapat langsung membuka rekening BRI dan juga mendapatkan Kartu Tani.

“Manfaat yang dirasakan dari kerja sama ini tidak hanya dalam segi pemasaran, tetapi kerja sama ini juga mengedepankan edukasi terhadap para pelaku usaha mikro. Dengan menggunakan Kartu Tani, para pelaku usaha mikro menjadi terbiasa untuk menggunakan produk perbankan dan peran perbankan untuk melaksanakan financial inclusion dapat terwujud,” tambahnya.

Budi menjelaskan, manfaat yang sama baiknya tidak hanya dapat dirasakan oleh para petani, namun juga pemerintah, yaitu memudahkan pemantauan pupuk bersubsidi sampai dengan individu penerima subsidi. Bank BRI menyatakan kesiapannya untuk mendukung program pemerintah yang ditujukan untuk petani.

Hafid fuad
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5419 seconds (0.1#10.140)