Wirausaha Indonesia Masih Minim h

Rabu, 11 Maret 2015 - 09:14 WIB
Wirausaha Indonesia Masih Minim h
Wirausaha Indonesia Masih Minim h
A A A
JAKARTA - Pengusaha atau wirausaha di Indonesia ternyata masih sedikit dibandingkan negara lain di Asia Tenggara (ASEAN).

Singapura masih menjadi terdepan dalam mencetak pengusaha di ASEAN. “Kita kalah jauh dengan negara tetangga. Saya sampaikan Singapura 7%, Malaysia 5%, Thailand 3%. Kita yang mempunyai penduduk 250 juta masih di bawah 2%,” ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, di acara Penjurian Nasional Program Wirausaha Mandiri 2014 di Jakarta, kemarin.

Seperti diketahui, jumlah wirausaha Indonesia baru sekitar 1,65% dari total penduduk pada kuartal kedua tahun 2014. Jumlah tersebut masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang masing-masing mencapai 5% dan 7%.

Bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat perbandingannya lebih jauh lagi. Di Jepang, komposisi wirausahanya mencapai 10% dan Amerika Serikat mencapai 12% dari total populasi.

Namun, survei Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada 2013 tentang keinginan berwirausaha di Indonesia menunjukkan, Indonesia menempati peringkat kedua negara ASEAN yang memiliki keinginan tertinggi untuk berwirausaha setelah Filipina. Di belakang Indonesia terdapat negara Vietnam, Thailand, Singapura dan Malaysia.

“Itu mencerminkan sebuah keoptimisan bahwa Indonesia dapat berkembang menjadi kekuatan ekonomi baru dengan mengoptimalkan semangat kewirausahaan,” papar dia. Sebab, untuk menjadi sebuah negara dengan ekonomi yang maju, negara tersebut paling tidak perlu memiliki jumlah wirausaha minimal 2% dari total populasinya.

Dia pun mengapresiasi langkah yang dilakukan Bank Mandiri melalui Program Wirausaa Muda Mandiri, yang kemudian berkembang dengan Mandiri Young Technopreneur dan Wirausaha Sosial Mandiri. Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Pahala N Mansyuri mengatakan, program ini merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri untuk mengembangkan wirausaha di Indonesia.

“Selain itu, ini juga ditujukan untuk ciptakan role model bagi mahasiswa. Sehingga mereka bisa lihat temantemannya jadi wirausaha sambil jadi mahasiswa,” katanya.

Kunthi fahmar sandy
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3915 seconds (0.1#10.140)