Sumber Alfaria Rencana Ekspansi di ASEAN

Kamis, 12 Maret 2015 - 10:19 WIB
Sumber Alfaria Rencana Ekspansi di ASEAN
Sumber Alfaria Rencana Ekspansi di ASEAN
A A A
JAKARTA - Setelah sukses membuka 30 minimarket di Manila, Filipina, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) tengah menjajaki untuk membuka minimarket Alfamart di wilayah ASEAN lainnya.

Corporate Affair Director Sumber Alfaria Trijaya Solihin mengatakan, perseroan memang tengah gencar untuk melebarkan sayap usaha ritel hingga di kawasan regional ASEAN. Hal ini sebagai kesiapan perseroan dalam menghadapi persaingan secara global terkait kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Ekspansi ke luar negeri, baru ke Filipina. Kami sudah membuka lebih dari 30 minimarket di sana,” kata Solihin baru-baru ini.

Alasan perseroan mengincar wilayah ASEAN adalah karakter masyarakat setempat sama dengan masyarakat Indonesia. Kondisi demikian pun menjadi potensi pasar yang besar bagi perusahaan ke depannya. “Ada beberapa negara yang kita bidik, tapi belum bisa disebutkan, yang pasti kita akan menggandeng perusahaan lokal di sana,” tuturnya.

Lebih lanjut Solihin mengungkapkan, dari 10.000 gerai Alfamart yang telah ada saat ini, sekitar 32% dioperasikan masyarakat. Sedangkan, sekitar 68% dioperasikan perseroan. “Dalam lima tahun ke depan kami targetkan masyarakat mempunyai porsi 40% dan perseroan sekitar 60%, hal ini sesuai tata cara perdagangan yang mengacu pada Peraturan Menteri Pedagangan,” ungkap dia.

Toko pertama Alfamart di Filipina mulai berdiri sejak Juni 2014. Sumber Alfaria Trijaya bersama dengan SM Retail Supermarket, salah satu unit perusahaan SM Investments Corporation, menargetkan bisa membuka 50 minimarket hingga akhir tahun ini di Filipina.

Alfamart hadir ke Filipina melalui perusahaan Alfamart Retail Asia Ltd (ARA) yang bermarkas di Singapura dalam bentuk joint venture (JV) dengan SM Retail Supermarket. Melalui join venture company sebesar 35%, Alfamart mendirikan pusat distribusi logistik usaha ritel dan perdagangan di sana.

Sebelumnya Presiden Direktur Sumber Alfaria Trijaya Hans Prawira mengatakan, perseroan telah menginvestasikan dana sebesar Rp24 miliar untuk pengembangan bisnis perseroan di Filipina. Filipina dipilih menjadi tujuan ekspansi karena adanya kesamaan budaya dan karakter pasar dengan Indonesia.

“Investasi yang ditanamkan untuk ekspansi di Filipina sebesar Rp24 miliar yang berasal dari kas internal. Investasi ini diperuntukkan bagi keseluruhan proses ekspansi,” ungkap Hans.

Heru febriato
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5663 seconds (0.1#10.140)