Meja Tepat Bangkitkan Selera Makan

Rabu, 18 Maret 2015 - 09:21 WIB
Meja Tepat Bangkitkan Selera Makan
Meja Tepat Bangkitkan Selera Makan
A A A
Dulu, kebanyakan orang memilih meja makan dengan ukuran besar. Hal itu didukung ukuran rumah zaman dulu, yang juga hadir dengan ukuran besar. Alhasil, penggunaan meja makan berukuran besar tersebut terlihat seimbang dengan tampilan rumah. Bagaimana dengan kondisi sekarang?

Biasanya, meja makan yang digunakan kalangan raja dan ratu tampil dengan ukuran besar. Raja dan ratu terlihat “bermusuhan” lantaran besarnya jarak yang dihasilkan oleh meja makan tersebut. Memilih meja makan dengan ukuran besar diterapkan oleh masyarakat pada abad pertengahan sebagai simbol dari kekayaan dan kekuasaan.

“Meja makan adalah elemen yang cukup perlu diperhatikan di dalam rumah. Dengan memiliki sebuah meja makan keluarga di dalam rumah, menikmati hidangan bersama keluarga akan terasa sangat nikmat. Keharmonisan keluarga pun akan semakin meningkat,” sebut desainer interior Rina Renvil.

Memilih sebuah bentuk dan posisi meja makan keluarga yang tepat menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Sebab, hal tersebut dapat menunjang kenikmatan dalam menyantap hidangan. “Masing-masing bentuk meja makan memiliki karakter yang berbeda, dengan kelebihan dan kekurangannya. Jadi, harus pintar memilih mana yang tepat untuk keluarga kita,” lanjut Rina.

Jika ruang makan Anda luas, meja makan berbentuk bujur sangkar sangat pas untuk diterapkan. Kelebihan dari meja makan ini adalah, anggota keluarga memiliki kesamarataan dalam memilih hidangan yang tersedia di meja. Dengan menempatkan meja berbentuk bujur sangkar, maka akan menambah keintiman antaranggota keluarga.

“Jika ruang makan kita termasuk dalam ukuran panjang namun sempit, sebaiknya gunakan meja makan berbentuk persegi. Kita bisa menaruh meja makan di tengahtengah ruangan ataupun menempelkannya di salah satu sisi tembok di ruang makan. Dengan memakai meja makan ini, masih ada ruang sisa yang cukup nyaman saat beraktivitas di ruang makan,” sebut Rina.

Selain persegi dan bujur sangkar, masih ada lagi meja makan dengan bentuk bulat. Keunggulan meja makan berbentuk bulat adalah, Anda dapat menambah berapa pun jumlah kursi di meja tanpa membuatnya terasa ganjil. “Meja makan berbentuk bulat cocok diaplikasikan di ruangan yang memiliki area terbatas,” ujar Rina.

Sama halnya dengan barang elektronik yang muncul dengan konsep mini, meja makan pun mulai hadir dengan desain mini. Memilih meja makan dengan desain modern akan membantu Anda dalam menghemat tempat. Sebaiknya Anda juga memilih meja makan dengan bentuk lingkaran dan menghindari meja makan dengan bentuk persegi maupun persegi panjang.

“Penggunaan furnitur transparan juga akan membuat ruang makan terlihat lebih besar. Meskipun tidak bisa benar-benar membantu dalam menghemat tempat secara aktual, furnitur transparan mampu memberikan efek visual sehingga ruangan terlihat lebih besar,” kata Rina. Jika memiliki biaya tambahan, ada baiknya Anda mendesain meja makan dengan konsep romantik untuk meningkatkan keintiman keluarga. Agar tampil lebih menarik, sebaiknya gunakan meja makan yang tidak terlalu tinggi.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3586 seconds (0.1#10.140)