Waktu Tepat Ajukan KPR

Rabu, 18 Maret 2015 - 09:27 WIB
Waktu Tepat Ajukan KPR
Waktu Tepat Ajukan KPR
A A A
Memiliki rumah tentu menjadi keinginan banyak orang. Lalu sebenarnya, kapan saat yang tepat untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) bagi Anda yang membutuhkannya? Apakah saat dana untuk uang muka sudah cukup atau saat sudah memiliki pekerjaan dengan gaji lebih baik?

Berinvestasi dalam bidang properti, sepertinya tetap menjadi bisnis yang terbaik saat ini. Harga properti yang kian hari kian meningkatmembuat banyak orang engganmemilih investasi yang lainnya.

Rumah bisa menjadi investasi dan di sisi lainnya, rumah juga bisamenjadi hunian terbaik untuk Anda. Saat ini banyak orang yang mengajukan KPR di beberapa bank. Mereka menunggu konfirmasi dan persetujuan dari bank. Sementara, beberapa orang yang lainnya masih bingungmenentukan kapan waktu yang tepat untuk pengajuan KPR.

Semua hal memang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sehingga ketika KPR sudah berjalan, Anda tidakmerasa kesulitan dalam membayar cicilan tiap bulannya. Sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapahal soal ini. Pertama adalah motivasi Anda untukmendapatkan KPR.Motivasi ini adalah hal yang sangat penting karena dengan motivasi Anda akan mampumembayar semua cicilan dan juga lebih giat untuk bekerja.

Anda juga harusmempertimbangkan beberapa hal seperti target waktu, harga rumah yang sebaiknya Anda pilih, dan juga persentase penyisihan pendapatan Anda. Bagi Anda yang ingin mengajukan KPR, waktu yang tepat untuk mengajukan KPR adalah setelah Anda melunasi semua utang. Anda sebaiknyamemang melunasi semua utang dan juga utang kartu kredit.

Ini akan membuat Anda bisamenjalani programKPR Anda dengan lebih ringan. Anda juga bisa membeli semua barang dengan tunai terlebih dahulu. Walaupun kartu kreditmemberikan penawaran yang menarik, membeli rumah sepertinya lebih penting daripada berbelanja hal yang tidak penting. Sebelum akhirnya Anda memutuskan untukmelakukan pengajuanKPR, Anda jugaharus melihat tabungan Anda.

Biasanya bank dan juga pengembang akan melihat kondisi tabungan Anda. Jika nantinya dirasa tabungan Anda tidak bermasalah, maka bank dan juga pengembang akan memberikan bantuanKPR tersebut. Anda sebaiknya selalu siap menyetor uang ke bank secara rutin sehingga Anda akan memperoleh catatan tabungan yang baik setiap bulannya.

Waktu yang tepat untuk Anda mengambilKPR adalah saat Anda tidakmengambil cicilan lainnya, seperti cicilan mobil atau cicilan kecil yang lainnya. Sebaiknya jumlah cicilan yang akan Anda bayarkan di tiap bulannya tidak lebih dari1/3dari pendapatan Anda. JikaAnda merasa cicilan per bulan Andamasih lebih dari 2/3 dari gaji Anda, sebaiknya Anda mengurungkan niat Anda untuk mendapatkanKPR dari bank.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5491 seconds (0.1#10.140)