Jokowi Minta Blok Mahakam Diserahkan ke Pertamina

Rabu, 18 Maret 2015 - 14:31 WIB
Jokowi Minta Blok Mahakam...
Jokowi Minta Blok Mahakam Diserahkan ke Pertamina
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa Blok Mahakam di Kutai, Kalimantan Timur harus diserahkan ke PT Pertamina demi meningkatkan kedaulatan energi nasional.

"Pak Presiden dalam rapat menekankan Blok Mahakam harus diambil. Artinya, komitmen itu sejalan dengan apa yang kita harapkan," tutur Direktur Utama Pertamina Dwi Sortjipto saat ditemui di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Menurut dia, keinginan itu juga diamini oleh Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Bahkan kedua pihak percaya Pertamina mampu mengelola Blok Mahakam.

"Seperti dikatakan Menko Sofyan Djalil bahwa beliau mengapresiasi dan percaya Pertamina mampu. Sejauh ini komitmen beliau-beliau cukup tinggi mendorong Pertamina menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ungkapnya.

Dia mengatakan, posisi Pertamina saat ini menunggu status resmi pengelolaan Blok Mahakam diserahkan, sehingga masa transisi dapat segera dilaksanakan dengan baik.

"Karena ini menyangkut keberlangsungan produksi, makanya kita minta transisi segera dilaksanakan. Ini menjadi perhatian, penugasan produksi jangan sampai turun," tuturnya.

Bahkan sejak awal, ketika masuk Pertamina Dwi berkomitmen untuk menyumbang produksi minyak dan gas (migas) nasional lebih dari 20% dari dalam negeri.

"Karena kalau hanya 20% ini menjadi keprihatinan. Maka itu, sekarang menjadi fokus kami bagaimana meningkatkan," tuturnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0725 seconds (0.1#10.140)