Iwapi Sambangi Kemenperin Bahas Laporan Sinergitas

Senin, 23 Maret 2015 - 11:51 WIB
Iwapi Sambangi Kemenperin...
Iwapi Sambangi Kemenperin Bahas Laporan Sinergitas
A A A
JAKARTA - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) hari ini bertandang ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam rangka pelaporan sinergitas dari Kemenperin.

Ketua Umum Iwapi Nita Yudi mengatakan, selama ini sinergi berjalan baik. Ini juga merupakan program Iwapi dengan tujuan pemberdayaan perempuan sehingga mandiri secara ekonomi.

"Maka kita harus bertemu atau meeting dengan kementerian, membantu program Iwapi apalagi dalam menghadapi MEA 2015. Karena Iwapi tidak berjalan sendiri tanpa adanya bantuan dari pemerintah," ujarnya di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Selain itu, Iwapi juga mengkritisi kebijakan pemerintah yang masih sangat kurang dalam mensupport perempuan di dunia usaha.

"Contoh bunga bank, masih kita rasakan bunga bank masih terlalu tinggi. Walaupun sudah ada KUR tapi KUR kan bunganya 14% yang pakai koleteral (jaminan). Yang tidak pakai jaminan sekitar 21% sampai 24%," kata dia.

Sementara itu di Thailand bunga bank hanya 2%. Pemerintah di sana bisa memberikan support secara full karena mereka mengerti jika perempuan jalannya lurus.

"Kalau saya pikir 5%-6% masih oke. Atau 4%-6%. Nah ini ada bunga konsumtif dan usaha. Memang ada beberapa bunga bank, bunga kemitraan flat yang besarnya 6%. Kalau dihitung feature value-nya 9%-12%. Jadi sama saja," pungkas Nita.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9399 seconds (0.1#10.140)