Daihatsu Targetkan Pertumbuhan Moderat

Senin, 23 Maret 2015 - 12:13 WIB
Daihatsu Targetkan Pertumbuhan Moderat
Daihatsu Targetkan Pertumbuhan Moderat
A A A
JAKARTA - Manajemen Daihatsu tidak muluk-muluk memasang target tinggi untuk penjualan Terios terbaru yang baru saja mereka luncurkan.

Meskipun menghadirkan banyak fiturfitur tambahan, penjualan Terios terbaru diperkirakan tak jauh berbeda dengan model lamanya, sekitar 1.500 unit per bulan. ”Pasar Automotif lagi turun. Situasi ekonomi lagi lamban. Jadi, saya tidak muluk-muluk, bertahan di angka 1.500 per bulan,” ujar Chief Operation Officer PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Toto Suryana Wijaya di sela-sela peluncuran New Terios di Jakarta akhir pekan lalu.

Toto mengatakan, pihaknya bukan tidak optimistis dengan hadirnya produk baru itu, tetapi memang kondisi pasar sedang tidak kondusif. Jika mematok target besar, tentu akan kesulitan. Menurut Toto, dalam dua bulan pertama tahun ini pasar Automotif nasional turun 20%.

Perusahaan-perusahaan leasing pun kesulitan dalam memberikan kredit kendaraan bermotor kepada konsumen. ”Kredit bermasalah (non performing loan /NPL) pada naik semua, sehingga mereka menjadi lebih hati-hati. Ini juga yang membuat kami realistis membuat target. Kalau situasi normal, Terios bias terjual sekitar 2.000 unit per bulan, setidaknya seperti tahun lalu, bisa terjual 25.000 unit setahun,” tuturnya.

Dia menjelaskan, saat ini Daihatsu memasang target moderat untuk penjualan kendaraannya hingga akhir tahun 2015 yaitu sama seperti tahun lalu, sekitar 185.000 unit. Tahun lalu Daihatsu meraih penjualan 185.226 unit, sesuai yang ditargetkan di awal 2014.

Tahun 2014 itu pasar Automotif domestik hanya mencapai 1.208.019 unit. ”Dengan turunnya penjualan selama dua bulan pertama 2015 ini, belum ada revisi target dari Gaikindo. Makanya, kami tetap di angka moderat, stagnan sama seperti tahun lalu,” ujarnya.

Toto menjelaskan, ada empat varian New Terios yang baru saja diluncurkan. Empat varian itu dilepas ke pasar dengan harga mulai Rp186,9 juta hingga Rp243,2 juta per unit. Harga itu hanya naik sekitar Rp900.000 hingga Rp4,9 juta.

Amelia Tjandra menambahkan, New Terios itu tampil lebih stylish dan sporty , disertai fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih lengkap. Terios yang hadir pertama kali lebih dari delapan tahun lalu telah mengalami perubahan minor pada Oktober 2010 dan Agustus 2013. ”Kini, Terios mengalami perubahan cukup signifikan di bagian eksterior dan interiornya, sehingga menjadikanTerios tampil sebagai best value SUV,” ujarnya.

Tiga unggulan utama yang dihadirkan pada Terios wajah baru ini adalah, desain bumper, kap mesin, dan grille baru yang memberikan penampilan segar.

Hatim varabi
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6960 seconds (0.1#10.140)