Toyota Optimistis Dominasi Segmen SUV Medium

Selasa, 24 Maret 2015 - 09:31 WIB
Toyota Optimistis Dominasi Segmen SUV Medium
Toyota Optimistis Dominasi Segmen SUV Medium
A A A
JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (PT TAM) optimistis tetap mempertahankan dominasinya di pasar sport utility vehicle (SUV) kelas medium dengan kehadiran wajah baru Rush. Meskipun, di pasar ini sudah bermunculan produk-produk SUV baru yang diusung merek lain.

”Platform kami dengan ekspektasi pasar di segmen ini masih cocok. Dengan kondisi pasar Automotif nasional yang lesu, kami tetap yakin bisa meraih penjualan setidaknya sama dengan varian sebelumnya yakni 2.500 unit per bulan. Kami pun tetap yakin bisa mendominasi di kelas SUV medium ini,” tutur Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (PT TAM) Suparno Djasmin di sela-sela peluncuran wajah baru Toyota Rush di Jakarta baru-baru ini.

Suparno yang akrab disapa Abong itu menjelaskan, penjualan ritel automotif nasional selamaduabulanpertama2015turun sekitar 17%. Hal itu dikarenakan adanya pelemahan ekonomi, dampak turunnya nilai tukar rupiah, dan konsumen masih menahan pembelian sambil menunggu membaiknya perekonomian.

Kondisi itu pun memicu para produsen tidak mematok harga tinggi untuk produk terbaru mereka. Seperti yang dilakukan PT TAM untuk Rush terbaru yang kenaikannya berkisar Rp4 juta hingga Rp7 juta dari varian sebelumnya. Padahal, kata Abong, Rush wajah baru itu menghadirkan banyak fitur tambahan yang lengkap.

New Rush yang tetap mempertahankan mesin 1.500 VVTi ini hadir dalam dua grade yaitu Rush TRD (AT dan MT) dengan tampilan stylish dan sporty dan Rush G (AT dan MT). Dua varian Rush terbaru itu dijual dengan harga termurah Rp228 juta hingga varian tertinggi yakni Rush TRD Rp252,25 juta.

”Sebenarnya sekaranglah saatnya membeli. Sebab, dengan pelemahan rupiah, dan harga tidak terlalu naik tinggi, merupakan kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan mobil dengan fitur tambahan yang lebih lengkap,” tuturnya. Abong melanjutkan, konsumen Indonesia gemar terhadap kendaraan yang memiliki karakter dengan kemampuan melahap berbagai jalan di Tanah Air.

Terbukti, semenjak tahun 1990- an, kendaraan SUV memiliki banyak peminat. Antara 1995 hingga 2006, pasar SUV medium bergerak rata-rata pada angka penjualan 14.000 per tahun. Lonjakan penjualan segmen SUV medium dari 2006 dan 2007 antara lain karena munculnya Toyota Rush dengan karakter yang sporty dan performa memadai untuk perkotaan, yakni dari angka 3.000-an menjadi 30.000 unit.

Dengan total penjualan dari Desember 2006 hingga Februari 2015 mendekati angka 190.000, Toyota Rush menjadi kendaraan paling sukses di segmen SUV medium di Tanah air.

Hatim varabi
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0335 seconds (0.1#10.140)