Rahasia Sukses Miliuner Dunia

Selasa, 24 Maret 2015 - 09:35 WIB
Rahasia Sukses Miliuner Dunia
Rahasia Sukses Miliuner Dunia
A A A
Saya sedang membaca sebuah buku berjudul ”Secrets of the Millionaire Mind” yang ditulis oleh T Harv Eker. Ada beberapa hal yang akan saya kutip untuk artikel kali ini.

Buku ini mengulas tentang apa sesungguhnya yang ada di dalam benak/pikiran orangorang kaya di dunia dan bagaimana kita bisa mengambil contoh dan menerapkannya agar mencapai keberhasilan yang serupa. Saya menemukan beberapa ungkapan yang menarik dan sekaligus menjadi pelajaran yang bernilai untuk saya sampaikan kali ini.

Pelajaran pertama adalah ungkapan berikut ini, ”Jika Anda ingin mengubah buahnya, maka Anda pertama-tama harus mengubah akarnya. Jika Anda ingin mengubah yang kelihatan, maka Anda harus mengubah yang tidak kelihatan.” Dalam kehidupan, sering apa yang tidak kelihatan jauh lebih penting dari pada apa yang kelihatan.

Apa yang diucapkan seseorang dan apa yang dilakukan seseorang (semua yang kelihatan) hampir pasti dikendalikan oleh apa yang dipikirkan orang tersebut (semua yang tidak kelihatan). Agar ucapan dan tindakan sesuai dengan apa yang diinginkan maka harus dipastikan pikiran sudah berada di koridor yang tepat.

Dalam buku tersebut juga dikatakan bahwa uang, kekayaan dan kesehatan adalah hasil atau bagian dari semua yang kelihatan. Jadi, ketika seseorang mengatakan bahwa dia memiliki persoalan yakni tidak memiliki uang, maka besar kemungkinan orang tersebut memiliki masalah di dalam dirinya yang orang lain tidak mengetahuinya selain dirinya sendiri.

Sehingga, apa pun yang saat ini kita hadapi dan jika kita menginginkan perubahan terjadi, maka kita harus mencari dahulu akarnya dan menyelesaikannya dari titik tersebut sehingga perubahan sungguhsungguh terjadi. Pelajaran kedua yang saya dapatkan adalah, orang kaya atau berhasil dalam hidupnya percaya bahwa mereka memiliki peran aktif untuk menentukan kehidupannya.

Sementara orang miskin atau gagal, percaya bahwa kehidupan terjadi begitu saja pada mereka sehingga mere kacenderung pasif menunggu hal terjadi dalam hidupnya. Senada dengan beberapa artikel saya yang lalu, saya selalu mengatakan bahwa mentalitas seorang pemenang adalah membuat hal terjadi dan bukan menunggu hal terjadi.

Pemenang adalah orang-orang yang mengusahakan hal terjadi, mereka menyediakan waktu, mereka membuat rencana, dan mereka mengerjakan rencana yang sudah dibuat. Sementara yang lain tertidur, mereka sudah bangun mengejar impiannya. Mereka tidak berhenti meski ada tantangan dan hambatan menghadang.

Ketekunan dan kegigihan adalah kunci keberhasilan mereka. Tidak sedikit orang menyerah pada keadaan dan akhirnya memutuskan untuk tidak berbuat apa-apa namun berharap agar keajaiban terjadi. Dalam sebuah pertandingan, esensinya adalah memenangkan pertandingan.

Tapi kerap kita menemukan kelompok orang yang bukan bermain untuk menang, mungkin bermain hanya sekadar agar tidak kalah atau bahkan tidak terlalu peduli apakah akan menang/kalah. Mereka sering dikalahkan oleh masalahnya sendiri. Masalah mereka lebih besar dari pada diri mereka. Sementara itu, orang-orang yang berhasil dalam hidup ini diyakini sebagai orang-orang yang memiliki hasrat dan keinginan yang besar untuk mewujudkan hal.

Bila mereka berhadapan dengan masalah, masalah tersebut tidak pernah lebih besar dari mereka karena cara pandang mereka yang benar. Pelajaran ketiga adalah, jika Anda hanya berminat mengerjakan hal yang mudah, hidup akan sulit untuk Anda. Tetapi jika Anda mau mengerjakan hal yang sulit, maka hidup akan mudah untuk Anda.

Secara pribadi, ungkapan ini selalu mengingatkan saya untuk tidak selalu menginginkan hal yang serba instan dalam hidup ini. Karena yang instan atau mudah dikerjakan belum tentu berharga. Sebaliknya, hal yang sulit dikerjakan dan memerlukan perjuangan sepadan dengan hasil yang kita akan terima.

Mereka yang berhasil sering melalui badai dan lika-liku kehidupan yang tidak mudah. Mereka tidak berpangku tangan dan hanya mau mengerjakan yang mudah saja karena mereka meyakini bahwa untuk sesuatu yang mudah pasti banyak orang yang mau melakukannya. Untuk sesuatu yang sulit hanya sedikit yang mau mengerjakan, dan di situlah pada akhirnya mereka mencapai keberhasilan.

Rahasia sukses mereka tidaklah pernah tentang hardskill tetapi selalu tentang softskill yakni berhubungan dengan mengelola diri sendiri: pikiran, perkataan dan perbuatan. Belajar dari rahasia keberhasilan para miliuner dunia, apapun tahapan kita saat ini dalam mencapai keberhasilan, agaknya kita perlu terus melakukan transformasi diri baik itu dari aspek cara berpikir atau paradigma maupun dari aspek mengelola sikap dan tindakan. Salam transformasi!

MEN JUNG, MM
Author – Go To The Next Level!
menjung@gmail.com
@menjung
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3274 seconds (0.1#10.140)